Potensi Kehebatan Kapal Frigate R.E.Martadinata

Kapal Frigate R.E.Martadinata

PKR SIGMA 10514 Class Project adalah kerjasama antara Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) Belanda & PT PAL Indonesia.

Dalam kesepakatan awal tertuang kerjasama pembuatan dua unit kapal perang jenis frigate untuk modernisasi alutsista TNI-AL guna memenuhi MEF tahap II, didalam kesepakatan kerja sama juga termasuk TOT dimana nantinya PT PAL akan mendapatkan kemampuan membuat bagian kapal merakit (tahap awal) hingga pada akhirnya mampu membuat sendiri sepenuhnya.

Sebenernya PT PAL sudah sangat mampu jika hanya membuat body kapal perang karena pengalaman puluhan tahun dalam industri perkapalan di Indonesia, yang membuat kita belum mandiri 100% adalah masih impornya sistem senjata, elektronik, mesin dan radar.

Tapi suatu saat nanti pasti secara bertahap kita akan mampu menutupi kekurangan tersebut. Jangan remehkan kemampuan kapal perang PKR 10514 ini, karena kapal ini sudah mempunyai desain kapal yang stealth ,sistem senjata yang canggih serta berkemampuan manuver di laut yang stabil.

Kapal frigate R.E.Martadinata class ini juga mempunyai kemampuan tempur, permukaan laut, anti serangan Udara dan pertempuran anti kapal selam (bawah air).

Ukuran kapal perang tidak menjadi patokan akan memenangkan pertempuran lihat saja kapal perang Corvette Buyan class milik AL Russia meski kecil tapi mampu membawa rudal jelajah jarak jauh yang menakutkan yaitu KALIBR.

Sejarah mencatat juga kapal perang destroyer milik Israel INS Eilat di tenggelamkan oleh kapal cepat rudal, Komar class milik AL Mesir saat perang Arab Israel.

Jadi masih skeptis dengan kapal perang kebanggaan Indonesia ini?

(sumber: IMPN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan