Prabowo Lirik Kapal Selam Hantu A26 Buatan Swedia

Selama kunjungan ke Eropa, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melirik tiga kapal selam, Yaitu buatan Turki, Perancis dan Rusia. Nah sekarang kabarnya, Prabowo juga melirik kapal selam siluman “Hantu” A26 milik Swedia.

Swedia sendiri selama ini sudah sering menawarkan berbagai alutsista, mulai dari sistem radar “early Warning”, pesawat tempur Grippen dan termasuk kapal selam A26 ini.

Kapal selam A26 Kelas Gotland diproduksi oleh industri pertahanan Saab AB. Reputasi kapal selam ini cukup mentereng karena memiliki teknologi hantu yang membuatnya susah dideteksi, teknologi ini disebut GHOST (Genuine HOlistic)

Reputasi mentereng A26 didapat selama mengikuti latihan bareng dengan AL Amerika Serikat dalam kurun 2005-2007. kapal selam A26 mengikuti latihan gabungan antara Angkatan Laut Swedia dan Amerika Serikat pada 2005-2007. Saat itu kapal perang AL AS tidak mampu mendeteksi keberadaan A26. Padahal mereka mengerahkan kapal selam nuklir Kelas Ohio.

A26 dijuluki kapal selam siluman bertenaga diesel-listrik yang paling maju di dunia. Kapal ini memiliki sistem Kockums Stirling AIP (Air-Independent Propulsion)

Bagaimana perbandinganya dengan Kapal Scorpene Perancis? Teknologo A26 lebih unggul dalam hal “siluman” di bawah air.

Scorpene dan A26 sama-sama kapal selam diesel-elektrik, keduanya juga minim suara, tetapi memiliki kekurangan pada tenaga dan ketahanan. Nah, kekurangan ini mampu diatasi A26 dengan sistem Kockums Stirling AIP, yang menggunakan oksigen cair dan bahan bakar simpanan untuk menghasilkan energi di dalam air.

Baca Juga:  Cucu Jenderal Soedirman: Tanpa Rakyat TNI Tak Akan Kuat

Sementara itu, GHOST, merupakan teknologi siluman yang material dan kontur, baik eksternal maupun internal, pada A26 disesuaikan untuk meminimalisasi pantulan suara.

Dengan begitu, sebagian besar dari gelombang suara yang mengenai lambung A26 akan diserap. Kemudian, pada bagian internal A26 juga dipasang karet peredam suara di tempat-tempat yang menghasilkan banyak suara seperti ruang mesin.

Gambar detail kapal selam A26. Sumber: Saab.com

3 Komentar

  1. Melirik doang ngapain gk ada yg deal, habis waktu jalan jalan keluar negri cuma utk cuci mata alutsista. Philipina sdh akuisisi fregate & 2 baterai brahmos utk pertahanan pantai, Australia sdh akuisisi F35 dan rudal jelajah anti kapal jarak jauh, semoga era skr tidak PHP lagi, kita buktikan saja janji janji saat orang dulu ttp pertahanan

  2. kayaknya mentok krn alasan klasik, gada duit, abis buat danain ibukota yg baru.
    sementara ini cukup pake buatan korea dulu, drpd ga punya, malulah, negara maritim ga punya kasel.

Tinggalkan Balasan