Prajurit Kostrad Evakuasi Penderita Malaria Setelah Mengarungi Sungai Selama 3 Jam

Atas nama kemanusiaan dan menghiraukan keselamatan dirinya sendiri serta sadar medan berat yang harus dilalui, prajurit Satgas Yonif 755 Kostrad menembus aliran Sungai Mamberamo selama tiga jam untuk mengevakuasi warga yang sakit malaria.

Danyonif 755 Kostrad, Mayor Inf Agus Rediyanto memerintahkan anak buahnya untuk membantu dan mengevakuasi warga yang sakit akibat sulitnya akses kesehatan dari lkasi ke Distrik Mamberamo Hulu. Misi penyelamatan itu dilakukan pada Selasa (11/6).

Mamberamo Raya adalah salah satu kabupaten baru yang memiliki daerah cukup luas. Terdiri dari beberapa distrik dan kampung yang letaknya tersebar dan dipisahkan oleh aliran Sungai Mamberamo.

“Bekerjasama dengan Kowil setempat dan dinas kesehatan, Satgas Yonif 755 Kostrad berinisiatif mengunjungi terlebih dahulu salah satu kampung terdekat yaitu Kampung Dorman yang letaknya membutuhkan waktu sekitar 3 jam menyusuri anak sungai Mamberamo,” pungkasnya.

Mayor Inf Agus Rediyanto mengatakan, dengan kondisi wilayah seperti itu menjadi kendala bagi masyarakat yang harus berobat karena terbatasnya sarana transportasi apalagi jika harus dievakuasi.

Namun Mayor Agus tetap memerintahkan anggotanya untuk mendatangi lokasi.

Benar saja, setibanya di kampung tersebut anggota Yonif 755 mendapatkan beberapa orang warga mengalami sakit tanpa adanya perawatan. Seperti Alfianus Baso (10), sudah lebih dari satu minggu ia terkena malaria tanpa ada perawatan sehingga harus segera di evakuasi.

Baca Juga:  Pakai Biodiesel, Kendaraan Tempur Milik TNI Berisiko Mogok

“Masalahnya tidak semua warga mempunyai perahu pribadi, dengan jarak yang cukup jauh maka biaya untuk sewa perahu pun lumayan besar, keadaan inilah yang menjadi keluh kesah masyarakat Distrik Mamberamo Hulu,” terangnya.


Menurut Agus memang ada Puskesmas terpadu, namun hanya dapat membantu pengobatan secara sementara dan terkadang terlambat dalam penanganan karena stok obat terbatas dan fasilitas kurang memadai.


Satgas Yonif 755 Kostrad akan terus melaksanakan patroli menuju kampung yang tidak memiliki sarana transportasi dan sebisa mungkin membantu warga apabila ada kendala dan permasalahan.

“Lita semua saudara dan tidak ada perbedaan, tujuan kami hadir di tengah-tengah masyarakat adalah untuk membantu meringankan beban masyarakat, menolong serta penyambung lidah antara masyarakat dan pemerintah jika memang dibutuhkan, untuk itu marilah kita sama sama menjaga keamanan untuk NKRI lebih maju dan sejahtera,” ungkap Mayor Inf Agus. | Sumber: angkasa.news

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan