Presiden Chechnya Beri Bantuan Untuk Pengungsi Rohingya di Bangladesh

Ramzan Kadyrov dan Presiden Vladimir Putin. Foto: AFP

Akhmat Kadyrov Regional Public Foundation sebuah lembaga amal yang dibentuk oleh Presiden Cechnya, Ramzan Kadyrov melakukan operasi kemanusiaan bagi Muslim Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar ke Bangladesh akibat penganiayaan yang mereka terima di kampungnya.

Dilansir RT, dalam laporan yang dipublikasikan hari Selasa (17/4/2018) di website kepresidenan Cechnya, yayasan itu mengatakan bahwa mereka sudah selesai menggali dan melengkapi 20 sumur untuk kepentingan Muslim Rohingya di pengungsiannya di Bangladesh.

Pengurus yayasan juga berjanji akan mengirim delegasi ke Myanmar pada bulan Mei guna mempelajari kondisi pengungsi dan menilai jumlah bantuan tambahan yang diperlukan.

Akhmat Kadyrov Regional Public Foundation diresmikan pada tahun 2004 dalam rangka mengenang Akhmat-haji Kadyrov, bekas presiden Chechnya yang juga ayah dari kepla negara saat ini Ramzan Kadyrov. Yayasan itu dipimpin oleh janda Akhmat Kadyrov, Aimani. Beberapa tahun belakangan, yayasan beberapa kali mengirimkan bantuan kemanusiaan ke sejumlah wilayah konflik bersenjata seperti Somalia dan Suriah.

Cechnya adalah negara bagian di bawah federasi Rusia yang mayoritas penduduknya suku bangsa Cechen. Moskow memberikan fasilitas dan izin menjalankan syariah Islam di negara yang dulu sempat memberontak di dekade 1990-an.


Ketika Rohingya kembali berdarah pada September 2017, Ramzan Kadyrov meminta kepada para pendukungnya agar menunjukkan solidaritas kepada saudara Muslim di Myanmar dan mengecam otoritas Myanmar yang disebutnya berusaha “mengeliminasi” Rohingya dari negara itu.


Potret pengungsi Rohingya di Bangladesh. Foto: Tass

Sekitar satu juta orang (menurut perkiraan polisi) menyambut seruan Ramzan Kadyrov dan menghadiri pertemuan massa di ibukota Grozny guna menunjukkan dukungan mereka kepada Muslim Rohingya

Baca Juga:  Joanna Palani, Sniper Pashmerga Kurdi Yang Cantik Jelita

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan