Presiden Suriah Kecam Agresi Militer Turki di Wilayahnya

Presiden Suriah Bashar al-Assad memprotes agresi militer Turki di Kota Afrin, Suriah dengan alasan memburu pemberontak Kurdi. Serangan Turki wilayah Suriah tersebut telah dimulai sejak akhir pekan lalu itu.
Assad menuding jika aksi tersebut malah bertujuan untuk mendukung kelompok teroris anti dirinya yang mana selama ini Turki bersikap pro pemberontak.

“Agresi Turki di kota Afrin, Suriah, tidak dapat dipisahkan dari kebijakan yang ditempuh rezim Turki sejak pecahnya krisis Suriah dan dibangun untuk mendukung terorisme serta berbagai kelompok teroris,” ujar Assad pada Ahad (21/1), dikutip laman kantor berita Rusia TASS.

Pada Sabtu (20/1), militer Turki memulai sebuah operasi bernama Olive Branch di Afrin, Suriah. Afrin merupakan wilayah yang dihuni sekitar1,5 juta warga Kurdi.


Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, pada Ahad (21/1), mengumumkan angkatan bersenjata Turki akan segera menyelesaikan operasi militer di Afrin. 

“Angkatan bersenjata kami akan segera menyelesaikan operasi di Afrin dan angkatan kami juga akan mengikuti teroris yang melarikan diri dari Afrin,” kata Erdogan.

Wakil Perdana Menteri Turki Bekir Bozdag mengatakan kelompokPKK (Partai Pekerja Kurdistan), YPG (Unit Perlindungan Rakyat), KCK (PersatuanKomunitas Kurdistan), dan PYD (Partai Persatuan Demokratik Suriah) telah mengubah kawasan Afrin sebagai sarang teror. Menurutnya, hal ini jelas adalah ancaman, tidak hanya untuk Turki, tapi juga negara-negara tetangga.

Baca Juga:  Trump Ancam Serbu Suriah, Rusia Siap Meladeni Tantangan Amerika

Ratusan ribu orang Kurdi bermigrasi ke Turki dari Suriah. Hampir 370 ribu orang Kurdi Suriah berada di Turki.

Laporan terbaru menyatakan bahwa angkatan udara Turki telah mencapai 153 target di Afrin. Menurut laporan Sky News Arabia, enam warga sipil dan tiga tentara telah tewas akibat serangan udara militer Turki.


Militer Rusia dan Suriah sendiri memilih menyingkir daripada berkonfrontasi dengan serangan Turki ini.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan