Presiden Turki: Pesawat Umat Islam Akan Terbang Pada Tahun 2033

Presiden Turki Recep Tayyiib Erdogan mengumumkan bahwa proyek pesawat siluman generasi ke-5 (5G) akan dimulai dan siap diproduksi pada 2033

“Awal produksi pesawat militer kita sendiri, dijadwalkan pada 2033, akan menjadi respons terbaik bagi mereka yang tidak ingin memasok (jet tempur) F-35 ke Turki,” kata Erdogan dalam pidatonya pada pembukaan pabrik daur ulang amunisi di provinsi Kirikkale, seperti dikutip NTV, Kamis (6/2/2020).

Turki sendiri awalnya adalah mitra utama Amerika Serikat dalam pengembangan F-35. Selain ikut urunan duit, Turki juga memproduksi beberapa komponen F-35. Namun karena membeli pertahanan udara rudal S-400, Turki ditendang AS dan jatah F-35 tidak dikirimkan.

Pihak AS sendiri akan mencoret sepnuhnya Turki dari proyek pesawat tempur F-35 pada akhir Maret 2020.

Bantuan untuk Turki dalam mengembangkan pesawat ini datang dari Rusia. Pada Agustus 2019, Kepala Dinas Federal Rusia untuk Kerja Sama Teknis-Militer, Dmitry Shugaev, mengatakan bahwa Rusia dapat membantu Turki dalam menciptakan pesawat tempur generasi kelimanya, TF-X.

Turki juga mengajak beberapa negara mayoritas seperti Pakistan, Indonesia dan Malaysia untuk ikut bergabung mengambangkan TF-X bahkan menyebutnya sebagai pesawat umat Islam.

Baca Juga:  Patroli Prajurit TNI, Penjaga Perbatasan RI-PNG di Rawa-Rawa Papua

1 Komentar

Tinggalkan Balasan