Proposal Jet Tempur Gripen Untuk Indonesia

​Dan Enstedt, Presiden dan CEO Saab Asia Pasifik berbicara tentang kegiatan Saab di Indonesia, proposal jet tempur Gripen dan kenapa mereka begitu percaya diri bisa menjadi mitra dalam memenuhi kebutuhan pertahanan Indonesia.

Ini alutsista buatan Saab yang sudah dipakai Indonesia.

Produk kami telah hadir di seluruh wilayah yang membentang dari Korea hingga ke India. Produk kami telah digunakan di sebagian besar negara-negara Asia Tenggara dan telah teruji dalam waktu yang lama. 

Angkatan bersenjata Indonesia (TNI) adalah pelanggan RBS 70 dan radar Giraffe selama bertahun-tahun, dan karenanya kami melihat ini sebagai potensi untuk meningkatkan kerjasama di beberapa sektor di masa depan.

Indonesia menghadapi tantangan yang cukup unik, mulai dari tugas mengamankan beberapa rute laut yang paling sensitif di dunia. Ada ancaman dari bajak laut, penangkapan ikan ilegal, penerbangan dan peredaran gelap dan masih banyak lainnya. 

Untuk dapat menjangkau semua itu, memerlukan sistem pengawasan kualitas tinggi. Untuk Indonesia, tidak hanya soal menambahkan angka-angka yang diperlukan untuk pengawasan wilayah darat dan laut yang kompleks tersebut. Tapi juga tentang bagaimana mengawasi kalaikan aset melalui teknologi yang canggih.

Misalnya, menyinkronkan informasi data link antara matra darat, udara dan laut dengan cepat dan memungkinkan pusat komando untuk menyebarkan solusi terbaik dan tercepat. Ini adalah keunggulan utama SAAB dan yang menjadi alasan mengapa TNI  mengambil begitu banyak produk kami.

Hal lain yang relevan dengan Indonesia adalah bagaimana Saab dan Swedia menciptakan teknologi yang independen dari kekuatan besar, karena sikap politik kami yang netral selama Perang Dingin. 

Hari ini, kita dapat melihat banyak kesamaan dengan Indonesia yang terletak di daerah yang menarik bagi hampir semua kekuatan besar dunia – yang semuanya hadir secara langsung di sekitar kawasan Indonesia. 

Dengan komitmen Indonesia untuk menciptakan industri pertahanan yang kuat, mandiri dalam negeri, Saab melihat dirinya sebagai pasangan yang sempurna yang dapat memungkinkan terciptanya industri pertahanan dalam negeri karena filosofi kami adalah kerjasama.

Kenapa Gripen bisa memenuhi kebutuhan Angkatan Udara Indonesia?

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan