Prototipe Pertama Pesawat KF-X Hampir Jadi

Prototipe jet tempur pribumi pertama Korea yang hampir selesai diluncurkan ke media di Sacheon, Gyeongsang Selatan pada hari Rabu menjelang peluncuran resminya pada bulan April.

Jung Kwang-sun, kepala proyek Eksperimental Tempur Korea (KF-X) dari Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA), mengatakan jet tempur produksi dalam negeri pertama akan menjadi “momen penting” bagi negara dan industri kedirgantaraannya.

Ditujukan untuk menggantikan jet tempur McDonnell Douglas F-4 Phantom II dan Northrop F-5 milik Angkatan Udara, prototipe KF-X yang telah selesai 92 persen adalah buah pertama dari proyek pengembangan yang dimulai pada 2015, dipimpin oleh satu-satunya pesawat Korea. produsen, Korea Aerospace Industries (KAI).

Dengan nama “KF-X 001” yang dicap di sayap ekornya, pesawat ini diperlihatkan kepada media di hall pabrik KAI, ruangan seluas tiga lapangan sepak bola.

Prototipe ini memiliki lebih dari 220.000 paku keling dan baut, 7.000 komponen struktural, 1.200 pipa, dan 450 kilometer (278 mil) kabel listrik.

Produksi dipercepat dengan menggunakan sistem sambungan otomatis badan pesawat (FASS), sejenis kendaraan berpemandu otomatis (AGV) dengan 11 laser untuk menyelaraskan badan pesawat depan, tengah, dan belakang. KAI adalah perusahaan kedua di dunia setelah Boeing yang menggunakan FASS dalam proses perakitannya.

KAI berencana untuk memproduksi total enam prototipe jet tempur lagi – empat model kursi tunggal dan dua kursi ganda – pada paruh pertama tahun depan. Penerbangan uji coba untuk prototipe dimulai tahun depan, sementara pengembangan akan selesai pada 2026.

Baca Juga:  Mengenal Serangan Target Di Luar Horizon

Proyek KF-X, yang bertujuan untuk membangun jet tempur pertama yang dikembangkan di dalam negeri, telah disebut sebagai proyek militer paling mahal dalam sejarah Korea, dengan harga sekitar 8,5 triliun won ($ 7,8 juta) untuk pengembangan saja. Sekitar 1,6 triliun won, atau 20 persen, dibayar oleh mitra yaitu Indonesia, yang akan menerima 50 dari total 170 jet yang akan diproduksi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan