PT Daya Radar Utama (DRU) Luncurkan KRI Teluk Youtefa-522, Kapal Angkut Tank

Pada Rabu siang kemarin (15/5) 2019 kemarin bertempat di galangan kapal PT. Daya Radar Utama, di Panjang, Lampung dilakukan peluncuran kapal/launching kapal Landing Ship Tank (LST) bernomor lambung-522 yang diberi nama KRI Teluk Youtefa. Untuk selanjutnya pengerjaan kapal ini akan diteruskan ke dok basah.

Teluk Youtefa adalah salah satu destinasi wisata di Papua yang merupakan teluk kecil di dalam Teluk Yos Sudarso yang terletak di garis pantai kota Jayapura. Nama-nama teluk digunakan oleh TNI Angkatan Laut sebagai nama kapal jenis Landing Ship Tank/Angkut Tank.

PT Daya Radar Utama (DRU) adalah galangan kapal yang berdiri pada tahun 1972 dan mempunyai fasilitas di tiga lokasi yaitu Jakarta, Lampung dan Lamongan. Sebagai perusahaan yang sudah berumur lebih dari 40 tahun, perusahaan ini mempunyai fasilitas untuk membangun kapal baru hingga 6.500 DWT dan fasilitas perbaikan kapal hingga 8.500 DWT.


KRI Teluk Youtefa-522 merupakan kapal LST tipe AT-117 yang memiliki panjang 117 m dan lebar 16,4 m serta bobot benam hingga 2.300 ton. Kapal angkut tank ini mampu membawa 15 tank Marinir jenis BMP-3F ataupun 10 tank Leopard 2 milik TNI AD. Selain itu juga mampu membawa 2 helikopter dengan berat total 10 ton.

DRU mempunyai pesanan 5 LST dari Kementerian Pertahanan, sebanyak 2 unit sudah diserahkan kepada TNI AL yaitu KRI Teluk Bintuni-520 dan KRI Teluk Lada-521. Masih ada 2 kapal LST lagi (AT6 dan AT7) yang akan diluncurkan DRU dalam waktu dekat, semuanya dikerjakan di galangan Lampung. Sedangkan galangan di Lamongan mengerjakan 2 kapal LCU 1.500 DWT pesanan TNI AD.

Baca Juga:  KRI Fatahillah 361 Selesai Diperbarui

Bulan lalu Kementerian Pertahanan melakukan tambahan pemesanan kapal LST kelas AT-117, namun kali ini yang ditunjuk adalah galangan kapal di Batam yaitu PT Bandar Abadi dengan pesanan sebanyak 2 kapal (AT8 dan AT9) untuk memenuhi target MEF TNI AL hingga tahun 2024.


Sumber: defensestudies

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan