PT Lundin Kembangkan Drone Dengan Konsep STOVL

PT Lundin Industry Invest yang juga dikenal sebagai North Sea Boats yang selama ini dikenal produsen kapal perang, kali ini mengenalkan sebuah konsep drone dengan kemampuan STOVL (short take-off and vertical landing).

Konsep tersebut dipamerkan dalam pameran pertahanan Indo Defence 2018.

Menurut keterangan, desain oesawat tanpa awak ini dirancang dengan menggandeng perusahaan NSD asal Swedia.

Drobe ini punya desain mesin yang unik. Dengan mengawinkan mesin jet ringan dan mesin propeler.

Dua mesin propeller berada di sayap kanan dan kiri yang digunakan untuk proses mendarat secara vertikal maupun terbang pada posisi stagnan di udara dalam proses pengintaian.

Untuk akselerasi di udara, menggunakan mesin turbin jet yang ada di tengah.

Spesifikasinya, drone STOVL memiliki dimensi panjang 200 cm dan lebar 200 cm. Kapasitas bahan bakar bawaan untuk menggerakkan mesin jet mini sebanyak 12 liter, sedangkan ketiga mesin propeler digerakkan tenaga baterai. Drone berbadan tipis ini memiliki MTOW (maximum take-off weight) 25 kg dengan muatan untuk peralatan intai hingga 1,5 kg.


Mesin jet mini drone STOVL memiliki kekuatan dorong 160-180 kN, mampu melarikan pesawat dengan kecepatan jelajah 250 km/jam dan maksimum hingga 350 km/jam dengan radius operasi mencapai 50 km. Dibutuhkan waktu kisaran dua menit hovering (melayang) dalam proses pendaratan.


PT Lundin akan menawarkan drone untuk tiga matra TNI, AL-AD dan AU..

Baca Juga:  Pesawat Hercules TNI AU Jatuh Di Papua

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan