PT PAL Siap Produksi 3 Kapal Selam Yang 100% Lokal Untuk TNI AL

PT PAL sepertinya benar-benar berhasil menyerap alih teknologi dari Korea Selatan dalam hal pembuatan kapal. Setelah sukses dalam pembuatan Kapal LPD kelas Makassar, sekarang juga berhasil menyerap teknologi pembuatan kapal selam Changbogo.

Dalam Kongres Teknologi Nasional 2018 yang diselenggarakan di gedung BPPT (18/7) PT. PAL memaparkan rencananya untuk membuat sendiri secara mandiri Kapal Selam kelas Changbogo setelah menyelesaikan pembuatan Kapal Selam KRI Alugoro-405.

Seperti diketahui, pemerintah membeli 3 kapal selam dari Korsel dengan alih teknologi. 2 kapal yaitu KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404 dibuat di Korea Selatan dan 1 kapal yaitu KRI Alugoro-405 diproduksi di galangan PT PAL Surabaya.

Nah, sekarang PT. PAL siap melaksanakan produksi untuk tiga kapal selam lainnya yang akan dibeli oleh TNI AL, untuk sementara baru dinamai U-406, U-407, dan U-408 yang masuk dalam strategi produksi lokal (whole local production).

Bahkan skema produksi besaran untuk kapal selam batch kedua sudah disiapkan. Untuk U-406, setidaknya 80 persen akan diproduksi secara joint production dengan DSME masih membuat modul senjata dan torpedo atau seksi haluan, hal ini karena PT PAL masih belum memiliki torpedo alignment machine.


Namun untuk kapal selam kelima dan keenam atau U-407 dan U-408, seluruh section akan dibuat sendiri di fasilitas PT. PAL, dengan target penyelesaian setidaknya pada tahun 2025-2026. Bila nanti sudah komplit 8 kapal selam (termasuk KRI Cakra dan Nanggala yang dioverhaul), TNI AL siap menjadi kekuatan maritim dengan armada kapal selam terbesar di ASEAN.

Baca Juga:  Di Balik Seragam-Seragam Loreng yang Tak Pernah Disetrika

Sumber: UC News

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan