PT. PAL Terus Kerjakan Kapal Selam Untuk TNI Walau Corona Melanda

Pengerjaan Kapal Selam Alugoro yang dilakukan oleh PT. PAL Indonesia di Surabaya tetap berjalan walau wabah Corona terus menghantui Kapal selam karya anak bangsa ini telah berhasil menjalani tahapan uji Tactical Diving Depth (TDD) hingga kedalaman 310,8 meter di Perairan Utara Pulau Bali.

Pelaksana Tugas Kadep Humas PT PAL Indonesia (Persero), Utario Esna Putra, mengatakan pengerjaan kapal selam ini tetap dilakukan di tengah pandemi Virus Corona. Untuk saat ini, sesuai jadwal Kapal Selam Alugoro masih pada tahap SAT (Sea Acceptance Test).

“53 item uji coba SAT dilaksanakan sampai Juni. Meskipun di tengah keterbatasan dan kehati-hatian akibat wabah Covid-19, kami masih berkomitmen untuk menyelesaikan proyek-proyek yang ada,” ujar Utario, Selasa (14/4).

Adapun TDD adalah tes kedalaman taktis bagi sebuah Kapal Selam pada kedalaman di bawah layer laut yang sulit dideteksi kapal atas air. TDD merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT) Kapal Selam Alugoro.

Tahapan TDD ini penting untuk uji kekedapan kapal. Terbukti kapal selam dapat mempertahankan kekedapan pada kedalaman 300 meter dengan tekanan lingkungan pada kedalaman tersebut sebesar 30 bar.

Kapal Selam Alugoro merupakan kapal selam ketiga dari Batch Pertama kerjasama pembangunan kapal selam antara PT PAL Indonesia dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan.

Keberhasilan pembangunan ini menjadikan Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam. Dalam pengerjaan joint section PT PAL Indonesia berhasil menyelesaikan dengan predikat zero defect.

Baca Juga:  Indonesia Bakal Jadi Pembeli Pertama Pesawat AEW Buatan India

Launching atau peluncuran serta pemberian nama kapal dilaksanakan pada 11 April 2019 di Dermaga Kapal Selam PT PAL Indonesia.

Setelah itu Kapal Selam Alugoro menjalani berbagai proses pengujian seperti Harbour Acceptance Test (HAT), SAT, dan direncanakan akan diserahterimakan kepada Kementerian Pertahanan untuk digunakan oleh TNI AL pada Desember 2020.

Sebelumnya Kapal Selam Alugoro telah berhasil melaksanakan Nominal Diving Depth (NDD) 250 meter pada 20 Januari 2020 lalu. Kegiatan SAT dilaksanakan di perairan utara Pulau Bali yang merupakan area latihan TNI AL serta memiliki kedalaman laut yang memadai.

Sumber: merdeka.com