Pulau Morotai, Selain Penting Juga Bikin Takjub Pesona Alamnya

Pulau Morotai yang merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia bernilai sangat strategis dari sisi pertahanan militer. Bahkan Jenderal Douglas MacArthur, Panglima Sekutu di Pasifik, menjadikan Pulau Morotai sebagai pijakan penting dalam Perang Pasifik menghadapi Jepang.

Selain bernilai strategis bagi pertahanan militer ternyata pulau morotai memiliki sejumlah tempat wisata yang sangat mengagumkan, tak terkecuali para Jenderal TNI.

Usai menyaksikan pelaksanaan Latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat TNI Tahun 2018 di Morotai, sebelum kembali ke Jakarta para Perwira tinggi TNI menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata yang menyuguhkan panorama alam yang menawan salah satunya adalah pulau Dodola yang memiliki pulau nan cantik.


Dengan menggunakan Speed Boat milik TNI Angkatan Laut dan Pemkab P. Morotai para Pati TNI diantaranya Asops Kasau Marsda TNI Johannes Berchmans, Aspers Kasad Mayjen TNI Heri Wiranto, Aslog Kasad Mayjen TNI Irwan, Asrena Kasau Laksda TNI Arusuono Indrasucahyo, Aspam Kasal Laksda TNI Supriyanto Irawan, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono beserta Forkopimda Malut diantaranya Kapolda Malut Brigjen Pol Naufal Yahya, Kabinda Malut Brigjen TNI Gatot Eko Puruhito, Danrem 152/Babullah Kolonel Inf I Wayan Suarjana, S.E., M.M., dan Forkopimda Kab. P. Morotai mengunjungi Pulau Dodola yang memiliki pasir putih serta kebetulan saat itu air sedang surut sehingga hamparan pasir putih membentang diantara kedua pulau.

Baca Juga:  ​Pembahasan Anggaran 104 Trilliun Kementerian Pertahanan dan TNI Di DPR

Decak kagum dan pujian tak henti-hentinya atas suguhan panorama Morotai yang berada di bibir samudera pasifik tersebut serta memiliki nilai strategis pertahanan sehingga tak heran dulu sempat digunakan sebagai pangkalan militer sekutu.

Letak yang sangat strategis menjadikan Pulau Morotai di Provinsi Maluku Utara sebagai salah satu pulau terdepan yang masuk dalam jajaran pulau yang dikembangkan oleh Pemerintah Pusat. Karena letaknya yang langsung berhadapan dengan Samudera Pasifik, Morotai menjadi diistimewakan dan masuk sebagai pulau terdepan utama yang ditawarkan kepada investor untuk dikembangkan.

(Sumber: Satgaspen PPRC 2018)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan