Pusing Rawat Pesawat Buatan Rusia, Malaysia Bergeming Ditawarin Su-35 dan Su-57

Malaysia sebenarnya lebih berani dibandingkan Indonesia dalam urusan membeli senjata. Negeri Jiran itu berani memilih Mig-29 saat Indonesia memborong F-16 pada dekade 1990-an. Gudang AU Malaysia kemudian juga diisi dengan Sukhoi Su-30MKM yang tercanggih di ASEAN pada 2003.

Seiring berjalanya waktu, Malaysia malah merana karena terlalu banyak mengandalkan pesawat buatan Rusia. MiG-29 rontok satu persatu karena krisis suku cadang sedangkan F-16 C/D TNI AU yang usianya sama tetap mengudara bahkan sudah diupgrade.

Lalu sekarang, Su-30MKM yang makin tua bikin bimbang negeri jiran. Jika dipelihara buang duit banyak untuk opersional. Jika membeli baru juga butuh duit sama banyak.

Rusia sudah ngasij solusi, tukar tambah saja. Mig-29 ditarik lalu Malaysia silahkan pilih mana yang dibeli: Su-35, Su-57 dan Mig-35.

Dalam sebuah wawancara dengan media Rusia PM Mahatir Mohammad mengatakan “tidak dapat kami pungkiri bahwa jet-jet yang digunakan oleh Malaysia terlalu tua dan mungkin tidak berkinerja sama baiknya dengan versi baru. Tetapi disisi lain Malaysia mempunyai keterbatasan anggaran pertahanan. Menghabiskan uang untuk membeli pesawat tempur yang mahal tidak terlalu produktif bagi Malaysia, kta tidak berperang dengan siapapun!”

Ketika ditanya apakah Malaysia akan mempertimbangkan untuk memperoleh pesawat tempur terbaru Rusia seperti Su 35 atau Su 57? Secara diplomatis Dr M menjawab “walaupun mereka adalah mainan yang sangat mahal namun perkuatan militer harus tetap maksimal sembari juga mempertimbangkan keuangan kerajaan”

Baca Juga:  Rusia Siap Perbaiki MIG-29 Malaysia Agar Lebih Cocok Dengan Iklim Tropis

Perkembangan terakhir nampaknya AU Malaysia masih menyimpan rapat opsi ini dan lebih memprioritaskan pembelian pesawat tempur ringan (LCA).

Sepertinya Malaysia menunggu keputusan Indonesia nih. Jika Indonesia beli-nya “hanya” F-16 maka Malaysia enggak perly repot-repot beli Su-57, cukup pesawat yg sepadan aja.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan