Qaher F-313 Pesawat Tempur Siluman 5G Milik Iran Siap Terbang Perdana

Foto: Tasnim News

Republik Islam Iran kembali menggemparkan dunia, negara yang dimasukkan oleh Amerika Serikat sebagai poros setan tersebut memamerkan pesawat tempur siluman generasi ke-5 yang dilabeli Qaher F-313. Pesawat ini diklaim Iran bisa meladeni F-22 Raptor dan F-35 milik Amerika Serikat.

F-313 milik Iran ini memiliki desain yang futuristik. Menggunakan sayap canard dengan ukuran besar di depan dengan perpaduan delta wing di belakang dengan wingtip melengkung di ujung sayapnya. Sekilas , desainya mirip dengan pesawat tempur yang ada dalam film the Avenger.

Dalam video yang diunggah oleh FNA, Kantor berita nasional Iran, tampak pesawat tersebut sedang disiapkan untuk menjalani terbang perdana.

Pesawat tempur ini ditenagai dua mesin jet. Beberapa media aviasi diluar negeri memperkirakan menggunakan mesin saturn asal Rusia.  Layaknya pesawat 5G, rudal akan ditempatkan di loker di bagian sayap.


Gambar: theaviationist.com

Pesawat ini pertama kali dipamerkan ke publik dalam bentuk mock up pada Januari 2013 di sebuah pameran militer di Teheran. Banyak pihak meragukan kemampuan Iran untuk mengembangkan pesawat siluman generasi ke-5.

The Times of Israel , media asal Israel, melabeli pesawat ini sebagai Hoax!. Tal Inbar, pengamat pesawat dari Israel mengatakan, “Itu bukanlah pesawat, karena desainya tidaklah seperti pesawat pada umumnya. Iran tidak memiliki kemampuan membuat pesawat sendiri.”


Desain awal F313 dalam bentuk mock up memang mengundang banyak kritik. Mulai dari kokpit yang terlalu kecil untuk pilot. Perpaduan sayap canard dan delta wing yang diluar mainstream. Dua lubang air intake yang terlalu kecil untuk dua mesin jet. Penempatan lubang muffler afterburner dua mesin jet yang tertutup ekor pesawat, mengundang tanya tanya, apa enggak meleleh tuh sayap dan ekornya.

Baca Juga:  Swedia Kembali Aktifkan Rudal Arhanud RBS-15

Namun segala kabar miring tersebut telah ditepis Iran saat memamerkan pesawat tersebut untuk diinspeksi oleh Presiden Iran Hassan Rouhani dalam persiapan terbang perdana yang diperkirakan akan dilakukan bulan depan.

Berikut ini video persiapan Qaher F-313 sebelum menjalani uji terbang perdana yang masih dirahasiakan tanggalnya oleh Iran.

sumber: theavionist.com, defence-blog.com

2 Komentar

  1. xixi ntar kalau bulan depan uji terbang nya sukses, komen lu berubah gak? Dari kodok menjadi burung besi. Setiap orang dan setiap negara berhak punya Tekad dan impian nya!
    Contoh, Turky. Siapa sangka kalau Turky mampu membuat Tank, kapal selam, dan fighter jet canggih buat negara nya. Indonesia sendiripun tidak ada yang nyangka bisa merakit dan jual pesawat terbang ke banyak negara, membuat kapal perang canggih jenis PKR (frigate), kapal perang LDP yang SDH dibeli Filipina. Tentu sebelum nya banyak yg pesimis. Terlebih itu didukung oleh negara Iran sendiri. Tidak ada yang mustahil bung jika yang lain bisa. Contoh nyata adalah Cina. Meskipun kebanyakan hasil bajakan, tapi terbukti mereka mampu secara mandiri membuat nya.

Tinggalkan Balasan