QN-506 Kendaraan Lapis Baja Dengan Beragam Senjata

Pada AirShow China 2018, Perusahaan Tiongkok Wuhan Guide Infrared menampilkan QN-506, konsep baru kendaraan tempur roda rantai multi-weapon berdasarkan sasis Main Battle Tank (MBT) Type 59. Tank tempur utama Type 59 adalah yank T-54A buatan Soviet yang diproduksi di bawah lisensi di Tiongkok.

Sebanyak kurang lebih 10.000 unit tank Type 59 dalam berbagai versi telah dibuat oleh First Inner Mongolia Machinery Factory (kode PLA: 617 Factory) yang berlokasi di Baotou, Inner Mongolia.

Turret asli MBT Type 59 dilepas dan digantikan oleh turret modern baru yang dipersenjatai dengan senjata yang beragam yang meliputi satu meriam otomatis 30mm, satu senapan mesin koaksial 7,62mm, empat peluncur rudal anti-tank, 20 peluncur untuk rudal multi-role dan empat tabung peluncur untuk loitering munition. Meriam 30 mm dipasang di depan turret sementara peluncur rudal anti-tank dan rudal multi-role dipasang di setiap sisi turret.

QN-506 mampu menghadapi sasaran darat dan udara dengan menggunakan meriam 30mm dengan jarak tembak efektif 2.000 m atau rudal dengan jarak tembak maksimum 4 km. Turret memiliki putaran 360° dan elevasi maksimum 53°.


QN-506 dilengkapi dengan remotely operated turret yang dilengkapi dengan fire control teknologi terbaru yang terkomputerisasi, pengukur jarak laser, kamera siang/malam, thermal imager, dan perangkat penglihatan panorama. Kendaraan tersebut memiliki dua awak yang terletak di bagian depan hull. Ada dua jendela antipeluru kecil yang bisa ditutupi oleh pelat armor dalam kondisi pertempuran.

Baca Juga:  Presiden Filipina: Saya Tak Pernah Minta Bantuan AS, Yang Saya Mau Bantuan TNI Indonesia

QN-506 juga dilengkapi dengan drone yang dapat melakukan misi pengintaian pada jarak maksimum 10 km.

Sumber : armyrecognition.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan