Radio Teleskop Pemburu Alien Milik China Diresmikan

Foto-foto terbaru dari radio teleskop angkasa raksasa milik China dirilis lagi, yang diklaim sebagai yang terbesar di muka Bumi. Radio teleskop ini adalah ambisi China untuk bisa berkomunikasi dengan alien.

Radio angkasa yang diberi nama Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope (FAST) resmi digunakan pada Senin, 26/09/2016 seperti dilansir Xinhua.

FAST terletak di pegunungan di bagian tenggara Provinsi Guizhou. Sebagai upaya China untuk berhubungan dengan mahluk luar angkasa, alien. 


Dimensi FAST setara dengan 30 kali lapangan sepakbola. NAO, NASA-nya China, mengklaim FAST bisa mendeteksi setiap gelombang suara di angkasa sampai planet terluar dari sistem galaksi Bimasakti. 

“Jika ada panggilan dari planet manapun, FAST pasti bisa menjawabnya,” kata Li Di, kepala ilmuwan di NAO.

 Proyek FAST telah digagas para ilmuwan China sejak 17 tahun yang lalu. Mulai dibangun 5 tahun lalu dengan nilai investasi 185juta dollar Amerika. 


Radio teleskop terbesar sebelumnya adalah Arecibo di Puerto Rico. Yang dibangun sejak 53 tahun yang lalu. Jika dibandingkan, FAST dua kali kipat lebih besar. FAST juga diklaim memiliki teknologi lebih baik daripada RATAN-600 milik Rusia.

Baca Juga:  Pasukan Robotik Bakal Jadi Andalan Amerika di Medan Perang

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan