Rebutan Perbatasan, Tentara India Dan China Tawuran

Ratusan tentara militer India dan China dilaporkan tawuran di perbatasan kedua negara pada Sabtu 09/05/2020. Keduanya saling adu jotos dan saling lempar batu di kawasan perbatasan di dekat Tibet.

Garis perbatasan kedua negara di dekat kawasan Himalaya memang belum menemui kata sepakat.

China masih mengklaim sekitar 90.000 kilometer persegi (35.000 mil persegi) wilayah yang berada di bawah kendali India. Dan India pantang untuk mundur sejengkal pun.

Pada 1962, kedua pihak terlibat perang sengit memperebutkan negara bagian Arunachal Pradesh di India timur laut.

Pada 2017 lalu, kedua negara juga bentrok di wilayah tersebut setelah China mencoba memperluas jalan perbatasan melalui dataran tinggi yang disengketakan.

Dalam insiden terbaru ini, Tujuh serdadu China dan empat serdadu India mengalami cedera, kata seorang pejabat militer di dekat sektor Naku La, Negara Bagian Sikkim, India, di dekat perbatasan China.

Ketegangan terbaru terjadi di dekat sektor Naku La di Sikkim, lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut di kawasan Himalaya.

“Perilaku agresif oleh kedua belah pihak mengakibatkan cedera ringan pada pasukan. Itu adalah pelemparan batu dan (adu) argumen yang berakhir dengan perkelahian,” kata juru bicara Komando Angkatan Darat India Mandeep Hooda kepada AFP, Senin (11/5/2020).

Press Trust of India (PTI) melaporkan sekitar 150 tentara terlibat dalam bentrokan.

Baca Juga:  Foto Pertama F18 Super Hornet Pesanan Kuwait

Walaupun kedua negara mengirimkan patroli yang sering melahirkan pertikaian fisik, sejauh ini tidak ada peluru yang ditembakkan ke lokasi perbatasan, dalam empat dekade terakhir.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan