Reuni 20 Tahun Satgas Rajawali IV Bentukan Prabowo, Pasukan Paling Ditakuti Fretilin Timor Timur

Unit Keluarga besar Satuan Tugas (Satgas) Rajawali IV Timor Timur tahun 1998-1999, melaksanakan family gathering di Brigif 2 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Sabtu (16/3/2019).

Satgas Rajawali merupakan unit bentukan yang sangat terkenal di lingkungan ABRI pada era 1990-an. Pasukannya berasal dari Kopassus, Marinir, dan Brimob.

Satgas ini dibentuk Mayjen TNI Prabowo Subianto saat menjabat Danjen Kopassus. Pembentukan ini didasarkan pengalamannya saat menjadi Danyonif Linud 328 Dirgahayu Kostrad.

Satgas Darat Rajawali kemudian populer dengan sebutan Kompi Pemburu. Pasukan khusus ini dibentuk untuk menghadapi situasi di Timor Timur kala itu.

Dokumentasi Satgas Rajawali IV saat beraksi

Dalam penugasannya, kompi ini sangat ditakuti Fretilin. Mereka mengaku menghindari kontak tembak dengan Satgas Rajawali, karena dipastikan kalah.

Karena kuatnya persaudaraan di antara anggota, sampai sekarang pun di antara mereka terus terjalin hubungan batin.


Alumni Satgas Rajawali Kompi Pemburu pun mempunyai komunitas tersendiri. Di antara mereka juga mempunyai tanda kenal.

Seperti anggota Satgas Rajawali IV Timor Timur tahun 1998-1999. Mereka kembali bertemu, dimana di antaranya sempat terpisah karena penugasan yang berbeda.


Cukup banyak perwira Marinir menghadiri reuni ini. Seperti Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Waaspam KSAL Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani, Wadan Pasmar 2 Kolonel Marinir Herry Djuhaeri, Kolonel Marinir Listiyarto, Kolonel Marinir Fery Marpaung, Danbrigif 2 Mar Kolonel Marinir Agus Gunawan Wibisono, Letkol Mar Yudi Junaedi, dan Letkol Mar Bakri.

Baca Juga:  Pengerjaan Proyek 5 Kapal Landing Ship Tank (LST) Sesuai Rencana

Tentu saja para prajurit Korps Marinir yang dulu tergabung dalam Satgas Darat Rajawali IV beserta keluarganya.

Family gathering diawali kegiatan foto bersama dilanjutkan senam aerobik dan jalan santai mengelilingi Kesatrian Marinir R. Suhadi.

Usai jalan santai rangkaian kegiatan dilanjutkan parodi Satgas Darat Rajawali IV yang dipandu Lettu Mar Novie Hariyanto dan Kolone Senapan dari prajurit Brigif 2 Marinir.

Kegiatan yang berlangsung penuh kekeluargaan itu dimanfaatkan untuk bernostalgia mengenang saat penugasan di Timor Timur pada 1998 hingga 1999.

Peragaan peralatan prajurit satgas yang dibawa selama patroli.

Dalam sambutannya, Brigjen Nur Alamsyah menyampaikan rasa bangganya. Karena setelah 20 tahun baru bisa berkumpul kembali dengan prajurit yang tergabung dalam Satgas Darat Rajawali IV di Timor Timur.

Brigjen Nur Alamsyah mengajak seluruh prajurit eks Satgas Darat Rajawali IV Timor Timur untuk selalu berkomunikasi, menjaga solidaritas dan soliditas, meningkatkan silaturahim, meningkatkan keimanan dan selalu menjaga kesehatan.

Bertindak selaku ketua panitia adalah Kolonel Marinir Agus Gunawan Wibisono.

Tak lupa perwakilan dari peserta family gathering menyampaikan kesan-kesannya selama melaksanakan tugas bersama Satgas Rajawali IV di Timor Timur.

Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan ramah tamah dan hiburan dari Brigade Band.

Sumber: Pen Kormar

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan