Ribuan Tentara Dari Berbagai Negara Akan Berkumpul di Magelang

Ribuan tentara dari sejumlah negara akan datang ke Magelang tahun depan. Ada apa?
Mereka rupanya akan menjadi peserta kompetisi olahraga khusus militer bertajuk 3rd Conseil International du Sport Militaire (CISM) World Cadet Games 2018. Acara ini akan digelar di Akmil Magelang. 

“Hingga saat ini, sudah ada 2.000 peserta dari angkatan militer berbagai negara yang telah terdaftar sebagai peserta. Jumlah itu diperkirakan masih akan bertambah,” ujar Staf Ahli Panglima TNI, Mayjed Endang Sodik. 

Hal ini disampaikan Sodik di sela audiensi di Kantor Wali Kota Magelang, Jalan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo No 2, Magelang, Selasa (14/11/2017).

Sodik menjelaskan, selain di Akmil Magelang, acara ini akan dilaksanakan juga di Akademi Angkatan Udara (AAU) di Yogyakarta.


“Kompetisi ini akan berlangsung pada 28 April hingga 6 Mei 2018 mendatang. Terdapat dua lokasi yang akan dijadikan tempat pelaksanaan, yakni Akmil Magelang dan Akademi Angkatan Udara (AAU) di Yogyakarta,” jelasnya. 


Dia mengatakan, Indonesia memiliki Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) yang nantinya menangani cabang olahraga dengan peserta dari anggota TNI. 

Sejauh ini, KOMI telah melakukan persiapan berupa audiensi dengan pemerintah kota/kabupaten yang dipilih sebagai lokasi pelaksanaan. Selain itu, juga persiapan sarana prasarana.

Beberapa cabang olahraga yang ditandingkan dalam kompetisi ini di antaranya Track and Field, Orienteering, dan Military Pentathlon meliputi Shooting, Obstacle Running, Obstacle Swimming, Cross Country, Throwing dan Obstacle Relay Race. Selain itu, ada juga voli, renang dan bulu tangkis.

Baca Juga:  PTDI dan Angkatan Darat Nepal Tanda Tangani Kontrak Penjualan CN-235-220M

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito mengaku sangat mendukung pelaksanaan ajang ini di Akmil Magelang.

“Kami tentu mendukung dan menyambut pelaksanaan kegiatan ini. Apalagi jumlah peserta mencapai ribuan orang yang pastinya akan turut berdampak pada pariwisata dan perekonomian warga,” jelas Sigit.

Pihaknya juga berharap, promosi wisata Kota Magelang bisa sampai ke luar negeri melalui kegiatan ini.

“Paling tidak, dari ribuan peserta itu bisa membawa dan mengenalkan suvenir maupun oleh-oleh dari UMKM Kota Magelang ke negara masing-masing,” katanya.

Sumber: detik.com

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan