Roket Balistik R-Han 122 Jatuh di Bogor?

Hari Selasa kemarin (5/9), sebuah roket milik Balitbang Kementerian Pertahanan (Kemhan) dilaporkan jatuh di kebun bambu milik warga di Desa Mekarsari, Kecamatan Rumpin, Bogor, Jawa Barat. Mengutip sumber dari Detik.com (6/9/2017), roket tersebut mengalami kegagalan paska uji coba statistik. Tidak ada kerusakan berarti dan korban jiwa akibat jatuhnya roket ini.

“Karena kesalahan teknis selongsong roket terbang ke arah utara berjarak kurang lebih 1 kilometer dari titik awal dan memutar kemudian jatuh di pepohonan bambu milik warga,” ujar Kasubag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspitalena, dikutip dari sumber yang sama. Ia menyebut roket tersebut berasal dari sesi uji coba yang dilakukan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) sekitar pukul 10.00 WIB.

Meski saat ini tengah dilakukan penyelidikan, menilik dari desain roket yang terlihat dalam foto, nampak desain dan dimensi roket yang jatuh mirip dengan R-Han 122 mm, yakni roket untuk serangan darat ke darat (ground to ground). R-Han 122 mm sendiri merupakan pengembangan alutsista yang digarap oleh Konsorsium Roket Nasional dan Balitbang Kemhan. Konsorsium Roket Nasional terdiri dari LAPAN, PT. Pindad, PT Dahana dan PT Dirgantara Indonesia, yang kesemuanya dikoordinasikan oleh Ristek BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).


R-Han 122 mm dibangun untuk kebutuhan Artileri Medan (Armed) TNI, roket dengan kaliber yang sama selama ini telah dioperasikan oleh unit MLRS (Multiple Launch Rocket System) RM70 Grad dan RM70 Vampire Korps Marinir TNI AL. Bahkan R-Han 122 mm yang dikembangkan telah disempurnakan menjadi R-Han 122B, dan sudah berhasil diuji tembak dari RM70 Grad Marinir beberapa waktu lalu.
R-Han 122B sejatinya adalah pengembangan dari roket RX1210. Sementara R-Han 122B (RX1220) performanya mengacu pada roket Grad buatan Ceko yang digunakan Korps Marinir. Fokus pengembangan roket artileri ini terutama untuk memaksimalkan motor roket hingga dapat menjangkau sasaran sejauh 20 – 30 km.

Baca Juga:  Indonesia Siap Borong Helikopter CH-47F Chinook Dan Super Hercules

Spesifikasi R-Han 122B
– Tipe roket: balistik
– Tipe fin: wrapped arround
– Panjang roket: 2.806 – 2.820 mm
– Berat roket: 63 – 64 kg
– Kecepatan roket: Mach 2.95
– Jangkauan max: 30 km (sudut peluncuran 50 derajat)
– Bahan bakar: solid propelan
– Kaliber: 122 mm
– Panjang muatan: 582 mm
– Bobot hulu ledak: 17 – 18 kg


sumber : indomiliter.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan