Rudal Antar Benua Buatan India, Agni-V Akan Aktif Tahun Ini

Generasi terbaru Rudal Balistik Antar Benua atau ICBM (Intercontinental Ballistic Missile) yang mampu membawa hulu ledak nuklir, Agni-V buatan India akan mulai beroperasi pada tahun 2020 setelah melakukan beberapa uji penembakan tambahan.

Rudal ini mulai dikembangkan tahun 2008 dan tes uji terakhir pada 10 Desember 2018.

Berbeda dengan seri rudal ICBM Agni yang lain, Agni V adalah yang tercanggih dengan teknologi navigasi dan kendali, kepala hulu ledak dan mesin yang terbarukan, seperti yang diungkap Defence Research and Development Organisation (DRDO).

Banyak teknologi yang dikembangkan sukses diuji coba pada Agni V, salah satunya sistem navigasi dengan akurasi tinggi Ring Laser Gyro based Inertial Navigation System (RINS) dan paling modern serta akurat, Micro Navigation System (MINS) yang mampu menghantam target dengan selisih hanya beberapa meter saja.

Menurut narasumber militer India, ICBM Agni-V adalah rudal berbahan bakar padat tiga tahap dengan perkiraan jangkauan 5.500-5.800 kilometer. Jangkauan sebenarnya tetap dirahasiakan, tetapi diasumsikan bahwa rudal tersebut dapat memiliki jangkauan dari 6.000 hingga 7.500 kilometer, dan dapat membawa hulu ledak nuklir 1.500 kg.

Baca Juga:  Amerika Akui Helikopter Mi-17 Rusia Lebih Unggul dari UH-60 Blackhawk di Medan Afghanistan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan