Rudal Arhanud Pantsir-S Rusia Kini Dipersenjatai Rudal Hipersonik

Alat pertahanan udara (arhanud) Pantsir-S buatan Rusia akan dilengkapi dengan peluru kendali (rudal) ber-kecepatan hipersonik. Update ini akan menjadi Pantsir-S makin mematikan.

Pantsir adalah arhanud jarak menengah ke udara, beroda, stasioner dengan dua atau tiga operator. Pertahanan udara yang terdiri dari senjata otomatis anti-pesawat dan rudal-permukaan-ke-udara dengan radar atau pelacakan target dengan optik dan bimbingan perintah radio.

“Rudal baru akan mampu mendekati sasaran dengan lebih cepat, yang akan meningkatkan rate of fire sistem tersebut karena firing channel (pada radio-command guidance) akan lebih cepat bergilirnya ,” kata Desainer Kepala untuk Sistem Pertahanan Udara di Biro Desain Shipunov, Valery kepada TASS kemarin (29/01).

Dengan daya dorong yang lebih besar, senjata dari sistem ini tidak butuh hulu ledak yang besar.

“Selain itu, tidak perlu memuat sejumlah besar bahan peledak ke dalam hulu ledak rudal untuk menyebarkan fragmen, semakin tinggi kecepatan benturannya, semakin besar efisiensi fragmen,” kata desainer kepala dalam sebuah wawancara dengan TASS.

“Ada dua jenis rudal untuk melawan segala macam sasaran. Satu adalah jenis standar dan yang lainnya yang baru-baru ini dikembangkan adalah jenis hipersonik yang dapat mencapai kecepatan Mach 5 atau lebih,” kata desainer kepala.

Pantsir-S telah teruji di medan perang Suriah sebagai sistem pertahanan udara jarak menengah yang ampuh.

Sampai sekarang, Pantsir-S telah menjatuhkan sekitar 100 drone di seluruh dunia selama operasionalnya, Valery Slugin melanjutkan. Ada dua divisi Pantsir-S yang dikerahkan di Suriah, yang milik Rusia, terletak di pangkalan udara Hmeimim, dan yang milik Suriah. Drone teroris yang dipasangi dengan peledak berulang kali digunakan untuk menyerang markas Hmeimim, beberapa kali cukup memberi masalah pada sistem tersebut,” katanya.

Baca Juga:  Rusia dan Lithuania dan Barter Tahanan Mata-mata

Di ASEAN baru Vietnam yang punya Pantsir

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan