Rudal Jelajah KCT-15 Vietnam akan Dipandu oleh GLONASS

Untuk meningkatkan akurasinya, rudal KCT-15 Vietnam yang akan datang akan dipandu oleh sistem GLONASS Rusia.

Menurut pimpinan badan Roskosmos Yuri Urlichich, mulai tahun 2023, sistem orbit GLONASS akan menyediakan layanan navigasi presisi tinggi dengan enam satelit dengan orbit elips tinggi.

“Kelompok orbital dari GLONASS, yang terdiri dari enam satelit, dibagi menjadi pasangan terdiri tiga satelit, akan membentuk dua rute di permukaan Bumi. Ketepatan tinggi akan mulai tersedia pada 2023,” katanya.

Rudal jelajah KCT-15 diproduksi oleh Vietnam.


Saat ini, ada 4 sistem global positioning systems melalui satelit yang populer seperti GPS AS, Galileo Eropa, GLONASS Rusia, dan Big Dipper Tiongkok. Dalam hal ini mereka menyediakan saluran sipil yang luas dan
saluran militer hanya untuk digunakan oleh sekutu dekat.

Di bidang militer, posisi satelit memainkan peran yang sangat penting. Ini adalah saluran referensi utama untuk rudal jelajah darat dan merupakan perangkat penting untuk rudal anti-kapal jarak jauh, karena akan didasarkan pada satelit untuk menentukan jalur penerbangannya secara akurat, pada fase berikutnya rudal diarahkan dalam mode inersia.

Saat ini, Vietnam telah dilengkapi dengan rudal jelajah anti-kapal 3M-14TE Kalibr dan sedang mempersiapkan untuk membangun rudal anti-kapal KCT 15, yang merupakan lisensi Rudal Kh-35 Rusia. Diperkirakan versi yang akan dibuat berdasarkan model 3M-24UE, dengan jangkauan hingga 260 km. Karena itu, penggunaan saluran militer satelit tersebut sangat diperlukan.

Baca Juga:  AD AS Pilih Sig Sauer P320 untuk Gantikan Pistol M9

Baru-baru ini, wakil presiden Federasi Rusia, Yevgeny Bushmin, mengatakan Moskow sangat mendukung untuk menyelesaikan perjanjian antar pemerintah dengan Vietnam mengenai pengembangan dan penggunaan sistem navigasi satelit GLONASS.


Ini membuka jalan bagi Vietnam untuk memiliki akses luas ke layanan navigasi satelit dari jaringan GLONASS Rusia, termasuk aplikasi di bidang militer, selain aplikasi sipil.

Sumber : baodatviet.vn/TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan