Rudal Ninja Hellfire R9X Kembali Beraksi Di Suriah

Rudal Hellfire R9X (AGM-114R9X) kembali digunakan oleh militer Amerika Serikat di Suriah. Sasaranya masih sama yaitu gembong teroris di wilayah konflik Suriah.

Dalam misi terbaru ini, sasaran serangan adalah dua orang. Pertama pimpinan kelompok Hurras al-Din yang berafiliasi dengan Al-Qaeda, yaitu Khaled al-Aruri atau dikenal juga dengan nama Abu al-Qassam al-Urduni.

Al-Aruri merupakan menantu dari pendiri AQI (Al-Qaeda Iraq) Abu Musab al-Zarqawi, dan menjadi personnel kunci bagi usaha revitalisasi kehadiran Al-Qaeda di Irak selama beberapa tahun terakhir. Orang kedua adalah Bilal al Sanani, pencipta kelompok Jaysh al-Badiya yang berpartisipasi dalam pendirian cabang Al-Qaeda di Syria.

Kedua sasaran dihajar saat sedang berkendara di daerah Idlib Barat. Ini merupakan pertama kalinya sepasang R9X digunakan terhadap dua orang dalm satu mobil. Terlihat satu R9X menyasar kursi pengemudi dari windshield, sedangkan satu lagi menarget kursi penumpang di belakang.

Yang menjadi penumpang (kelihatannya Al-Aruri) langsung meninggal saat itu juga, sedangkan pengemudi (Al-Sanani) menderita cedera fatal berupa hampir putusnya tangan kanan dan putusnya kaki kanan.

Keduanya kemudian dikonfirmasi meninggal meskipun Al-Sanani sempat dibawa ke rumah sakit.

Pasca serangan terlihat sebuah UAV berputar-putar di dekat lokasi, nampaknya MQ-9 Reaper. UAV tersebut terlihat membawa drop tank/sensor pod, seperti Reaper yang pada bulan November tahun lalu terlihat di atas area Jindires, provinsi Aleppo.

Baca Juga:  Kejatuhan Rudal Patriot 1 Warga Arab Saudi Tewas

Sumber: FB Lighting II Chan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan