Rudal Ninja Hellfire R9X Kembali Memakan Korban di Syria

Pada tanggal 7 Desember 2019, sebuah mobil yang membawa empat orang dihancurkan oleh serangan udara di jalan Azaz-Afrin, barat laut Aleppo, Syria. Kerusakan serangan yang ada di mobil mengindikasikan penggunaan varian inert ‘berpedang; misil Hellfire, yaitu AGM-114R9X.

Ini adalah serangan R9X kedua di kawasan Syria tersebut setelah serangan terhadap pelatih asing HTS di Atmeh lima hari lalu. Salah satu yang menjadi korban serangan tersebut adalah komandan senior organisasi Ahrar al-Sham yaitu Sa’d al-Hus. Ahrar al-Sham menyangkal adanya korban dari pihak mereka dalam serangan tersebut, namun kartu identitas Ahrar al-Sham ditemukan di lokasi kejadian. Ahrar al-Sham, yang didukung Turki kemungkinan menjadi sasaran karena memiliki afiliasi dengan Al-Qaeda.

Dari empat orang di dalam mobil tersebut, tiga orang berhasil dibunuh langsung dengan perkenaan dari R9X. R9X menghantam posisi penumpang depan di sebelah kanan, namun dari video post-strike terlihat bahwa misil juga berhasil memotong lengan orang yang duduk di kursi belakang. R9X memiliki enam bilah yang membuka untuk meningkatkan probability of kill, dan memiliki kill zone sebesar 3.5 kaki.

Satu orang selamat dari serangan awal dengan keadaan sekarat dan setengah tubuhnya hancur. Ia segera dilarikan oleh milisi yang didukung Turki, namun belum diketahui apakah ia selamat atau tidak. Peluangnya untuk selamat dapat dibilang sangat kecil.

Baca Juga:  Sayap Rudal AIM-120C-7 di F-15 Jepang Terjatuh saat Coba Cegat Pesawat Tak Dikenal

Sumber:

-Hex

https://www.thedrive.com/the-war-zone/31375/americans-hellfire-missile-that-uses-swords-instead-of-explosives-struck-again-in-syria

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan