Rudal Starstreak TNI Tampil di HUT TNI Dalam Dua Platform

Dalam perayaan HUT TNI ke-72, salah satu alutsista yang ditampilkan adalah rudal anti serangan udara  jarak pendek Starstreak buatan Inggris. Ini adalah salah satu alutsista terbaru TNI, startreak yang tampil juga bukan hanya dalam satu platform tapi dua.

Dalam photo instagram dari akun ANGGA DHARMAWAN – sidhardot) di atas, terlihat rudal starstreak dipasang pada platform kendaraan Uro Vamtac dengan format twin di kiri dan kanan, total ada 4. Gambar ini diposting oleh ANGGA DHARMAWAN, 7/10/2017 dalam persiapan parade alutsista HUT ke-72 TNI

Empat Rudal starstreak platform Uro Vamtac di tempatkan pada turret Rapid ranger buatan Thales.


Rudal starstreak yang lain muncul diusung oleh Land Rover Defender dalam foto yang ditampilkan webiste: Basin Ilan Kurumu – bik.gov.tr. Gambar ini rangkaian geladi parade alutsista TNI, menjelang 5 Oktober 2017, di Cilegon – Banten. Startreak yang diangkut Land Rover Defender ini mengusung rudal dengan jumlah triple dalam format lightweight multiple launcher.

Pengadaan alutsista ini sudah mulai dibicarakan sejak kedatangan PM Inggris, Tony Blair saat berkunjung ke Jakarta pada tahun 2006 silam. Alhasil kemudian berlangsunglah kontrak pembelian rudal Starstreak pada tahun 2012. “Indonesia membeli 1 baterai rudal Starstreak, yang terdiri dari sembilan peluncur,” ujar Kolonel. Jonni Mahroza, Atase Militer RI di Inggris. Tidak ada informasi lebih lanjut, dalam platform apakah Starstreak ini dibeli oleh Indonesia. Tapi besar kemungkinan, mengacu pada unit peluncur ground based dengan 3 peluncur pada dudukan tripod. (The Jakarta Post 17/01/2013)

Baca Juga:  Ini 3 Kapal Patroli Cepat Untuk TNI AL Buatan Dalam Negeri

Starstreak
Urusan kecepatan menjadi nilai jual dari rudal ini, bahkan identitas rudal ini ditambahkan label HVM (High Velocity Missile). Dirunut dari sejarahnya, desain Starstreak dimulai pada awal tahun 1980, rudal ini lahir dari kompetisi ketat antara Thunderbolt MANPADS buatan BAe Systemss dengan Starstreak yang diusung oleh Short tahun 1984.

Keunggulan Starstreak bukan hanya terletak pada soal kecepatan, metode penyergapan rudal ini pun terbilang unik. Starstreak dikemas dalam tabung tersegel yang bebas perawatan sepanjang umur pakainya (maintenance free). Artinya, rudal tidak perlu diinspeksi secara berkala, cukup disimpan sesuai petunjuk pabrikan hingga tanggal kadaluwasa, dalam hal ini masa pakai Starstreak hingga 15 tahun. Tabung peluncur terisi rudal yang terintegrasi dengan unit pembidik yang dilengkapi stabilizer otomatis. Sementara juru tembak membidik target, aiming unit secara simultan mangalkulasi trayaktori target agar diperoleh jalur lintasan yang paling tepat untuk mengarahkan rudal menuju sasaran.

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan