Rusia Akan Bikin Pesawat Sukhoi Su-57 Versi Kapal Induk, Tapi …

UAC (United Aircraft Corporation) yang membawahi pabrik Komsomolsk on Amur dan Biro Desain Pesawat Sukhoi menyatakan akan membuat pesawat generasi kelima Sukhoi Su-57 versi Kapal Induk. Kabar ini dirilis media berita Rusia, Sputnik, Kamis (01/03/2018).

Jika terwujud, Su-57 akan bersanding dengan Su-33 yang dikembangkan dari Sukhoi Su-27 untuk memperkuat misi militer Rusia ke seluruh dunia.

Namun hal tersebut tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Ini karena UAC mengajukan syarat, bahwa Su-57 versi kapal induk ini harus dikembangkan bersama-sama dengan sistem kapal induk.


Kepala Desain Su-57 Sergey Korotkov mengatakan bahwa ia siap saja kalau diperintah mengembangkan Su-57 untuk kapal induk.


“Kalau memang dibutuhkan, kami akan lakukan, tanpa ragu!” ujarnya di depan media Rusia. “Namun jika kami hanya mengerjakan komponen Su-57 dan tidak menguasai sistem kapal induknya, maka keduanya tidak akan cocok.”

“Sudah pasti akan muncul masalah saat lepas landas, operasi, mendarat, kecocokan elektromagnetik, dan sebagainya. Jadi pengembangannya harus dilakukan bersama-sama,” ujar Korotkov.

Rusia sendiri saat ini hanya punya kapal Induk tua, Kapal Induk Kuznetsova, yang jadi bahan tertawaan dunia saat mengikuti misi di Suriah.

Baca Juga:  Turki Kembangkan Jet Latih Hurjet berbasis Pesawat Hurkus

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan