Rusia Akan Buat Prototipe Surface Effect Craft Bersenjata Rudal pada Tahun 2027

Prototipe wing-in-surface-effect craft Orlan yang dipersenjatai dengan rudal akan dibuat di Rusia dalam rangka program senjata pada tahun 2027, kata Deputi Perdana Menteri Yuri Borisov.

“Program persenjataan negara untuk 2018-2027 akan termasuk juga penelitian dan pengembangan Orlan, yang mengarah pada pembangunan wing-in-surface-effect craft. Prototipe akan dibuat sebagai bagian dari program persenjataan ini dan akan dilengkapi dengan rudal,” katanya.

Wing-in-surface-effect craft akan digunakan untuk melindungi Rute Laut Utara di mana infrastruktur masih kurang terlindungi.


“Pesawat ini dapat melayang dan memantau daerah, serta laut internal yaitu Laut Kaspia dan Laut Hitam,” katanya. Pesawat baru itu juga dapat beroperasi sebagai kendaraan patroli untuk menyelamatkan awak kapal, kata Borisov.

Wing-in-surface-effect craft adalah “pesawat” multimode, yang dalam rezim dasarnya melakukan penerbangan menggunakan efek permukaan di atas air atau permukaan lain tanpa kontak terus-menerus dengannya. Pesawat dapat tetap mengudara karena gaya angkat aerodinamis yang dihasilkan pada sayap, tubuh atau bagian-bagiannya yang dirancang untuk penggunaan efek permukaan.

Pesawat ini biasanya melakukan “penerbangan” di ketinggian lebih rendah dari pesawat biasa tetapi bergerak dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada kapal.


Pada pameran dirgantara internasional MAKS-2015 di Moskow, Komandan Penerbangan Angkatan Laut Rusia Igor Kozhin mengatakan bahwa armada AL Rusia diharapkan mendapatkan platform wing-in-surface-effect standar dengan
kapasitas angkat hingga 300 ton pada tahun 2020. Seorang wakil dari Biro Desain Pembuatan Instrumen Ramenskoye mengatakan kepada TASS bahwa perusahaan itu telah menyelesaikan pengembangan proyek sistem kontrol dan penyediaan informasi untuk wing-in-surface-effect craft untuk kepentingan Angkatan Laut Rusia.

Baca Juga:  Panglima TNI : Forum ACDFIM Pondasi Kokoh Kerjasama Negara ASEAN

Ketua Dewan Direksi dari Biro Desain Hidrofoil Sentral Alekseyev, Georgy Antsev, mengatakan kepada TASS bahwa pengembangan dari wing-in-surface-effect craft untuk Kementerian Pertahanan Rusia tengah berada di tahap desain konseptual.

Sumber : navyrecognition.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan