Rusia Akan Pamerkan Pantsir Terbaru Pada Parade Militer

Rusia berencana untuk meluncurkan versi canggih terbarunya dari sistem rudal senjata-pesawat (AAGM) Pantsir “terkenal” selama parade militer besar-besaran yang akan datang di Lapangan Merah Moskow.

Presiden Vladimir Putin memerintahkan militer untuk mengadakan parade Hari Kemenangan yang sebelumnya ditunda pada 24 Juni ketika wabah corona melanda Rusia.

Untuk pertama kalinya dalam parade tersebut, Rusia akan memamerkan sistem pertahanan udara jarak pendek (SHORAD) Pantsir versi terbaru ditingkatkan, yang disebut Pantsir-S1M.

Sistem pertahanan udara Pantsir-S1M didasarkan pada sasis Typhoon Kamaz-53958 dan dilengkapi dengan radar baru dan sistem pelacakan target elektro-optik inframerah canggih.

Pantsir terbaru juga dirancang dengan dilengkapi perlindungan dari ancaman pesawat tempur sayap tetap dan putar, kendaraan udara tak berawak, dan senjata presisi tinggi, termasuk rudal anti-kapal dan jelajah. Maklum di Libya, Pantsir jadi bulan bulanan Drone Turki.

Jangkauan rudal dari Panstsir juga telah ditingkatkan menjadi 30 kilometer.

Menurut Janes, varian baru dapat meluncurkan rudal dua sekaligus berkecepatan tinggi baru dengan jangkauan yang yang lebih jauh dan karakteristik pencegatan target yang ditingkatkan.

Angkatan Bersenjata Rusia mencari sistem pertahanan udara yang lebih canggih dan efektif serta biaya lebih ekonomis untuk menggantikan Pantsir generasi lama.

Baca Juga:  China Luncurkan Kapal Induk Baru Buatan Dalam Negeri

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan