Rusia Berencana Hidupkan Proyek Kapal Induk Monster Warisan Uni Soviet

Rusia dikabarkan sedang beupaya menghidupkan kembali proyek kapal induk Ulyanovsk warisan era Uni Soviet. Kapal ini diklaim sebagai kapal induk raksasa yang akan menjadi monster di lautan yang memiliki panjang lebih dari 1.000 kaki atau 304,8 meter dengan bobot 85.000 ton dan penyimpanan yang mampu membawa hingga 70 pesawat tempur. Kapal induk ini menggunakan mesin bertenaga nuklir yang mampu dengan mudah mencapai 30 knot saat berlayar.

Kapal induk Ulyanovsk dapat membawa setidaknya 44 pesawat tempur dengan kombinasi jet Su-33 dan MiG-29 yang dikonfigurasi untuk operasi kapal induk. Dua ketapel uap Ulyanovsk, sky jump, dan empat set kabel penahan.

Kapal induk Ulyanovsk direncanakan terdapat tiga lift yang masing-masing mampu membawa 50 ton untuk memindahkan pesawat ke dan dari dek gantungan yang luas. Kapal induk ini juga akan memiliki helikopter untuk pekerjaan pencarian dan penyelamatan dan misi perang anti-kapal selam.

Kapal induk Ulyanovsk akan dapat menampung 3.400 pelaut yang kira-kira setengah dari awak kapal kelas Nimitz milik AS. Kapal ini menggunakan sistem propulsinya terdiri dari empat reaktor nuklir KN-3, model yang awalnya digunakan untuk menggerakkan kapal penjelajah tempur kelas Kirov yang bisa dengan mudah mencapai 30 knot saat berlayar.

Kapal induk Ulyanovsk “hampir” menjadi sejarah yang menggiurkan setelah Moskow tidak pernah menyelesaikan proyek itu, karena kehabisan uang saat Perang Dingin berakhir Rusia mengalami kesulitan ekonomi selama bertahun-tahun.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan