Rusia Bidik Pasar Kapal Selam Mini ASEAN

Kapal Selam mini diproyeksikan akan jadi favorit untuk negara-negara berkembang ungtuk memperkuat alutsista dengan biaya kecil tapi efisien. Rusia dikabarkan bakal makin serius menggarap pasar ini dengan kapal selam mini kelas Losos-nya.
Dalam rilis resmi persnya (18/1), Rosoboronexport JSC dan JSC United Shipbuilding Corporation mengatakan bahwa mereka akan terus aktif memasarkan kapal selam kecil dan mini untuk pasaran ekspor pada 2018.

Dalam keterangan pers tersebut, Rosoboronexport membidik wilayah Asia Tenggara, Afrika, Amerika Latin dan Timur Tengah.

Selama ini Rusia dikenal sebagai pembuat kapal selam handal ukuran besar, potensi pasar kapal selam sendiri secara umum diyakini mencapaisekitar US$ 4 Milyar dalam lima tahun mendatang.
Rosoboronexport sendiri memiliki portofolio produk mencapai 10 jenis kapal selam kecil dan mini, dengan tonase 130 sampai dengan 1.000 ton. Sebagai informasi, kapal selam KRI Nagapasa yang baru dibeli oleh TNI Angkatan Laut memiliki tonase 1.400 ton.


TNI AL sendiri belum memiliki atau mengoperasikan kapal selam kecil dan mini, dan Kementerian Pertahanan RI sendiri sedang melakukan litbang atas kapal selam mini dengan bekerjasama dengan galangan kapal di Batam. Jadi, dapat dipastikan bahwa Indonesia dengan wilayah lautnya yang luas akan menjadi satu target potensial bagi Rusia.


Menurut Rosoboronexport sendiri, kapal selam mini dan kecil memiliki fungsi spesifik untuk pertahanan pantai dan pelabuhan, untuk menghancurkan kapal perang sasaran secara senyap, mendukung operasi penggelaran pasukan khusus, menabur ranjau di pelabuhan, serta melaksanakan pengintaian senyap atas fasilitas milik lawan.

Baca Juga:  Pembalasan, Israel Cekal WNI Masuk Masjidil Aqsa Dan Wilayahnya

Menurut Deputi Direktur Utama Rosoboronexport Igor Sevastyanov, kapal selam kecil dan mini buatan Rusia sanggup dipersenjatai tidak hanya dengan torpedo, tetapi juga dengan rudal jelajah dan sonar yang cukup canggih untuk mendeteksi kapal selam lawan. Ukuran kapal selam kecil dan mini juga memungkinkannya sulit untuk dideteksi lawan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan