Rusia dan Indonesia Bahas Pengiriman Dua Kapal Selam Siluman

Jika akhirnya kontrak pembelian Sukhoi Su-35 telah deal. Akan menyusul kiriman alutsista lainya dari Rusia, mulai dari helikopter, panser dan dua kapal selam siluman terbaru. 

Kontrak kapal selam sendiri saat ini sedang didiskusikan oleh Rusia dan Indonesia, demikian pernyataan Petukhov, wakil direktur Russia’s Federal Service for Military-Technical Cooperation (FSMTC) pada kantor berita Sputnik asal Rusia.

Petukhov sendiri memimpin langsung delegasi di Langkawi International Maritime dan Aerospace Exhibition LIMA-2017, menyatakan bahwa Project 636 adalah salah satu diantara 500 alutsista Rusia yang dipamerkan.


“Draft kontrak pengiriman kapal selam sedang dibahas,” kata Mikhail Petukhov tentang kapal selam diesel-listrik Project 636 kelas Varshavyanka pesanan Indonesia.


Kelas Varshavyanka adalah versi improved dari kapal selam kelas Kilo yang menampilkan unsur-unsur teknologi siluman canggih, radius pertempuran yang lebih jauh dan memiliki kemampuan untuk menyerang target darat, permukaan dan bawah air.

Kapal selam membawa 52 awak, memiliki kecepatan di bawah air hingga 20 knot dan daya jelajah 400 mil (penggerak listrik) dan kemampuan patroli selama 45 hari. Kapal selam dipersenjatai dengan 18 torpedo dan delapan rudal permukaan-ke-udara.

Kapal selam ini memiliki kemampuan utama dalam menjalankan misi anti-kapal permukaan dan anti-kapal selam di perairan pesisir dan dangkal.

Baca Juga:  Nyasar, Roket R-Han 122B Jatuh dan Meledak di Kebun Pepaya

2 Komentar

Tinggalkan Balasan