Rusia Diguncang Ledakan Nuklir

Korporasi nuklir negara Rusia Rosatom mengatakan bahwa telah terjadi kecelakaan yang melibatkan sumber tenaga isotop eksperimental. Lima orang dari tim karyawan terbunuh, dan terdapat tiga korban luka. Kecelakaan terjadi ketika tim sedang mengerjakan engineering dan technical support untuk isotope power source dalam sistem liquid propulsion.

Tidak ada detil tambahan tentang kecelakaan ini, namun beberapa informasi baru mengindikasikan bahwa power source yang dimaksud kemungkinan besar berkaitan dengan misil jelajah bertenaga nuklir SSC-X-9 Skyfall (9M73 Burevestnik).

Terdapat kapal nuclear fuel carrier Serebryanka di area pada waktu terjadinya kecelakaan. Kapal ini dikabarkan juga menjadi bagian dari flotilla yang tahun lalu mengambil Burevestnik yang jatuh di kawasan Arktik. Kawasan ditutup untuk aktivitas publik dan komersial setelah kecelakaan.

Di kota Severodvinsk, dilaporkan adanya radiation spike sebesar 20 millisieverts per jam dari dua sensor yang menjadi bagian dari sistem pertahanan sipil. Background radiation di area tersebut adalah 0.11 millisieverts per jam. Namun level radiasi dikatakan turun setelah beberapa jam, dan peringatan yang sudah di-posting online langsung dihapus.

Personnel Rusia yang merespon kecelakaan ini memakai pakaian HAZMAT. Sebelum menurunkan korban dari helikopter, mereka sempat melakukan screening terhadap helikopter untuk memastikan level radiasi normal.

Korban dilarikan ke rumah sakit khusus di Moskow dengan ambulans yang pintu belakangnya dilapisi cellophane, dan dikendarai orang-orang berpakaian HAZMAT.

Baca Juga:  Foto Kapal Catamaran US SV-2 Yang Ditembak Rudal Pemberontak Huthi Yaman

Sumber:

– Hex/ Lighting Ii Chan

– https://www.thedrive.com/the-war-zone/29356/russia-admits-mysterious-missile-engine-explosion-involved-nuclear-isotope-power-source

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan