Rusia Incar Asia Pasifik untuk Ekspor Korvet Karakurt.

Rusia sedang mengincar untuk mengekspor korvet Project 22800 (Karakurt) yang dipersenjatai dengan rudal Kalibr ke India, Vietnam, Tiongkok dan negara-negara lain di kawasan Asia-Pasifik, kata Deputi Perdana Menteri Rusia kepada wartawan, Senin (30/07).

“Kapal-kapal ini sangat sukses, memiliki tonase besar, persenjataan yang baik, dan yang paling penting adalah (rudal) Kalibr. Korvet tersebut memiliki harga yang dapat diterima, kecil, ringkas dan cepat. Saya percaya bahwa kapal itu memiliki potensi ekspor yang baik untuk sejumlah negara, terutama dari Wilayah Asia Pasifik, seperti Vietnam, Tiongkok, India dan lainnya,” kata Deputi Perdana Menteri Yuri Borisov sebagaimana dikutip oleh TASS.

Saat ini, unit Angkatan Laut Rusia, yaitu Armada Baltik, Utara, Laut Hitam, dan Kaspia akan dilengkapi dengan korvet kelas Karakurt, katanya. “Sekarang pembangunan tiga kapal pertama kelas ini telah diluncurkan di galangan kapal Timur. Saya pikir produksi model baru akan meningkatkan minat.”



Korvet Project 22800 (Karakurt) adalah seri kapal artileri rudal multirole Rusia untuk zona maritim dekat yang dikembangkan oleh Biro Desain Almaz Central Maritime. Angkatan Laut Rusia akan menerima total 18 kapal Project 22800, termasuk dua kapal pertama pada tahun 2018. Kapal-kapal itu dipersenjatai dengan rudal presisi tinggi, sistem artileri modern dan mesin buatan Rusia, kantor berita TASS melaporkan. (Angga Saja – TSM)

Baca Juga:  2018, China Punya Rudal DF-41 yang Bisa Jangkau Seluruh Bumi

Spesifikasi :

Displacement : 800 tom
Panjang : 67 m
Lebar : 11 m
Draft : 2 m
Mesin : CODAD atau CODAG
Kecepatan : 30 knot
Jangkauan jelajah : 2.500 mil laut (4.400 km)

Senjata :
1 × 76,2 mm meriam otomatis serbaguna 59-caliber AK-176MA.
1 × CIWS Pantsir-M dengan rudal Hermes-K missiles atau 1 × CIWS 3M89 Palash/Palma dengan rudal Sosna-R atau 2 × CIWS AK-630M-2
2 × 4 sel VLS dengan rudal Kalibr-NK
2 × senapan mesin 14.5 mm MTPU

Sumber : defenseworld.net

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan