Rusia: Jika Sembrono di Semenanjung Korea, Bisa Timbul Bencana

Dubes Rusia untuk PBB, Vasily Nebenzya menyatakan, aktivitas militer yang sembrono di kawasan Semenanjung Korea akan menyebabkan bencana yang sangat besar. Foto/Reuters

Rusia menyatakan, aktivitas militer yang sembrono di kawasan Semenanjung Korea akan menyebabkan bencana yang sangat besar. Hal tersebut bisa memicu eskalasi lebih lanjut, yang bisa berdampak pada stabilitas kawasan dan global.

Menurut Duta Besar Rusia untuk PBB, Vasily Nebenzya, Amerika Serikat (AS) telah memberi jaminan tidak akan adanya tindakan militer di Semenanjung Korea. Namun, meski adanya jaminan tersebut, kemungkinan adanya tindakan militer di kawasan itu tetap terbuka lebar.
“Kami ingin berharap bahwa jaminan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) tulus, bahwa AS tidak berusaha untuk membongkar situasi Korea Utara yang ada atau untuk secara paksa mempersatukan semenanjung atau campur tangan militer di negara tersebut,” kata Nebenzya, pasca pemungutan suara di Dewan Keamana (DK) PBB soal sanksi baru untuk Korut.
“Namun, kami khawatir bahwa usulan kami untuk mengamankan ketentuan ini dalam rancangan resolusi tidak didukung. Kemungkinan adanya tindakan militer yang salah yang dilakukan oleh pihak manapun dapat menyebabkan bencana bagi stabilitas regional dan global,” sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (6/8).
Terkait sanksi, DK PBB dengan suara bulat memberlakukan sanksi baru terhadap Korut atas uji coba rudal terbarunya. Sanksi terbaru itu dapat memangkas sepertiga dari pendapatan ekspor tahunan sebesar USD 3 miliar.
Sumber: okezone.com
Baca Juga:  Lawan S-300 Suriah, Israel Kirim Ilmuwan ke Ukraina Untuk Mempelajarinya

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan