Rusia Kerahkan Pesawat Sukhoi Su-57 Ke Suriah, Siap Melawan F-22 Raptor?

Rusia dikabarkan menerjunkan Sukhoi Su-57 ke medan perang Suriah. Su-57 adalah jet tempur yg tercanggih milik Rusia saat ini dengan sistem avionik setara generasi kelima, selama ini pesawat ini sudah wira-wiri muncul dengan status masih dalam pengembangan.

Namun kantor berita RIA Novosti (22/2) mengumumkan bahwa Su-57 atau T-50 PAK-FA siap diturunkan dalam gelanggang perang Suriah. Tentu ini mengejutkan banyak pemerhati militer.

Sejumlah aktivis Suriah melaporkan kedatangan dua unit jet tempur Su-57 di Pangkalan Udara Khmeimim yang merupakan pangkalan udara utama Rusia di Suriah. Kedua siluman langit Su-57 itu tiba pada 21 Februari 2018, dan foto yang ada menggambarkan pendaratan kedua Su-57 itu di Khmeimim. Video dari situs berbagi berita sepanjang 7 detik pun membuktikan hal itu.

Kemunculan Su-57 di teater perang Khmeimim bisa jadi adalah ajang ujicoba operasional, mengingat Rusia sendiri saat ini sudah memiliki 12 purwarupa Su-57 yang digunakan untuk berbagai tujuan. Pemerintah Rusia pun sudah memesan 12 unit Su-57 untuk tahap pertama dalam rangka uji tempur.


Namun kemunculan Su-57 di garis depan ini adalah sesuatu yang luar biasa mengingat perang Suriah sangat tidak ramah untuk pesawat tempur. Rusia sudah kehilangan beberapa Su-24 dan Su-25 plus sejumlah helikopter. Akankah Su-57 akan merubah perimbangan ini, termasuk menantang duel F-22 Raptor milik AU AS yang suka mengganggu misi Rusia? (Aryo Nugroho/UC News)

Baca Juga:  Rusia Pamerkan Kapal Selam Nuklir Terbaru Knyaz Vladimir

Video : https://youtu.be/qsGR8BLhbr8

1 Komentar

Tinggalkan Balasan