Rusia Kirim Krasukha 4, Sistem Pengacau Radar ke Suriah

Jatuhnya pesawat IL-20 karena manuver pesawat F-16 Israel yang menghindari sistem pertahanan udara S-200 Suriah benar-benar membuat Moskow gemas. Setelah mempercepat pengiriman rudal S-400, Rusia juga mengirimkan sistem pengacau rudal Krasukha-4.

Sistem jammer atau pengacau radar Krasukha-4, yang terdeteksi sudah tiba di Suriah pada hari Rabu, 26 September 2018 kemarin, seperti diberitakan situs berita Debka (26/9).

Krasukha-4 sendiri dibuat oleh perusahaan KRET dan memiliki mobilitas tinggi karena dipasang di atas platform truk 8×8 BAZ-6910-022. Soal kemampuan, tak usah ditanya. Krasukha-4 didesain untuk mengacaukan radar pesawat sekelas AWACS dari jarak 250 kilometer, atau bahkan rudal dengan sistem pemandu radar.


Cara kerjanya, Krasukha akan menyediakan echo atau data bayangan sasaran palsu sehingga radar akan kesulitan mendeteksi mana sasaran yang sesungguhnya sehingga rudal dapat berbelok. Jika diperlukan, Krasukha-4 bahkan bisa dipakai mengacaukan satelit pada ketinggian orbit rendah.

Keberadaan Krasukha-4 yang sangat canggih ini akan menjadi ancaman besar bagi jet-jet tempur Israel yang beroperasi di wilayah Suriah karena mereka akan kesulitan untuk mendapatkan data sasaran yang akurat, dan radarnya akan kewalahan melawan sistem Rusia ini.


Sumber: UC News/Aryo Nugroho/Sputniknews

Baca Juga:  Vietnam Ekspor Radar Peringatan Dini ke Laos

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan