Rusia Kirim Pantsyr-S1 ke Perbatasan Finlandia

Pantsyr-S1 terjepret di jalan raya kota Vyborg. Foto: vk.com/milinfolive
Sistem pertahanan udara terbaru Rusia, Pantsyr-S1 (NATO: SA-22 Greyhound) pertahanan udara jarak pendek tertangkap kamera di kota Vyborg, di dekat perbatasan Rusia dan Finlandia.

Dari foto-foto yang beredar di sosial media dan dilansir defence-blog.com, dilaporkan ada 12 Pantsyr S-1 yang tertangkap kamera sedang dalam berjalan di jalan-jalan raya di kota Vybord.

Pantsyr-S1 adalah sistem pertahanan udara jarak pendek sampai menengah darat ke udara dengan sensor array radar untuk target akuisisi dan pelacakan, yang dipasang di atas kendaraan beroda stasioner dengan dua atau tiga operator.

Target udaranya meliputi segala sesuatu dengan minimal jarak 1 cm dan kecepatan sasaran hingga maksimal 1300m / detik dalam jarak maksimal 20.000 meter dan ketinggian hingga 15.000 meter.


Sistem ini sangat berguna untuk melindungi obyek militer dari serangan pesawat udara, helikopter, rudal jarak menengah dan drone ketika ada serangan dari pihak musuh.


Pantsyir S-1 dipasang di atas truk KamAZ 6560 beroda 8×8. Sistem ini bisa bekerja sendirian tanpa perlu support dari sistem lain. Untuk meningkatkan kemampuanya, Pantsir juga bisa dipandu dengan tambahan sistem early warning radar dari perangkat terpisah.

 
Lokasi kota Vyborg dalam peta negara Rusia. Foto: Defence-blog.com

Kampanye pengerahan alutsista strategis Rusia ke perbatasan negara dengan anggota NATO adalah bagian dari perang dingin antara Rusia dan Amerika Serikat (AS). AS sendiri telah mengerahkan ratusan tank M1 Abrams ke Rumania.

Baca Juga:  Jokowi Telpon Langsung Presiden Palestina, Sampaikan Dukungan Indonesia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan