Rusia Kirim Petinggi Militer ke Korea Utara, Efek Menang Perang di Suriah

Sejumlah petinggi militer Rusia dilaporkan sedang melakukan kunjungan kerja ke Korea Utara (Korut). Foto/Reuters

Setelah memastikan kemenangan di Suriah, langkah diplomatik Rusia makin berani. Kali ini mereka sepertinya siap memback-up Korea Utara jika mengalami nasib seperti Suriah.

Sejumlah petinggi militer Rusia dilaporkan sedang melakukan kunjungan kerja ke Korea Utara (Korut). Delegasi militer Rusia tersebut diketahui tiba di Pyongyang, semalam.

Kedatangan delegasi militer Rusia ke Korut dibenarkan oleh Kedutaan Besar Rusia di Pyongyang. Menurut keterangan kedubes Rusia, kedatangan delegasi Moskow untuk membahas kerjasama keamanan yang pernah diteken kedua negara pada tahun 2015 lalu.


“Pertemuan pertama sebuah komisi militer Rusia-Korut membahas pelaksanaan sebuah kesepakatan yang dicapai tahun 2015 untuk mencegah kegiatan militer berbahaya,” kata kedubes Rusia melalui akun Facebook mereka.


Namun, sayangnya kedubes Rusia tidak memberikan rincian mengenai kegiatan militer yang berbahaya tersebut, apakah itu mencakup kegiatan nuklir Korut atau tidak.

Sementara itu, seorang pejabat kedubes Rusia di Pyongyang, seperti dilansir Reuters pada Kamis (14/12), menyatakan mungkin akan ada pembicaraan lain antara kedua belah pihak, mengingat delegasi Rusia dijadwalkan akan berada di Pyongyang hingga Sabtu mendatang.

Ini adalah delegasi asing kedua yang menyambangi Korut dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Sebelumnya, delegasi PBB menyambangi Ibu Kota Korut itu untuk bertemu dengan sejumlah pejabat Pyongyang, untuk membahas program nuklir mereka. (sindo/cnn)

Baca Juga:  SB>1 Defiant, Kandidat Helikopter Masa Depan AD Amerika Serikat

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan