Rusia Kirim Selusin Helikopter Mi-28N Night Hunter Untuk Irak

 

Sesuai dengan kontrak yang disepakati pada 2012 lalu, Rusia telah mengirim selusin helikopter serang “Night Hunter / Pemburu Malam” Mi-28N untuk Irak, demikian disampaikan seorang narasumber yang dekat dengan industri pertahanan Rusia.

“Kontrak tersebut mencakup pengiriman 48 buah helikopter tempur Mi-28N untuk Angkatan Udara Irak,” terang sang narasumber.

Menurut Dmitri Safonov, pengamat militer di surat kabar Izvestia, kontrak pasokan helikopter untuk Irak bernilai sekitar 4,2 miliar dolar AS dan nilai helikopter tempur yang sudah dikirim termasuk perangkat serta komponen senjatanya mencapai satu miliar dolar AS.


image


Helikopter Mi-28N sudah digunakan dalam operasi untuk merebut Palmyra di Suriah dari tangan militan pemberontak.

Video di bawah menunjukkan penghancuran sebuah kendaraan lapis baja milik ISIS dengan bantuan rudal jelajah anti-tank, lalu mengusir para militan dari sebuah rumah di Palmyra.

Ini merupakan informasi pertama mengenai pengerahan ‘Pemburu Malam’ untuk melawan ISIS. Sebelumnya, helikopter ini hanya digunakan untuk menjaga markas militer Kheimim, tempat bermukim para anggota AU Rusia yang menjalankan operasi militer di Suriah.

Baca Juga:  Ancam Israel, Iran Pamerkan Rudal Zulfikar B313

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan