Rusia Kucurkan Dana 9,4 Triliun Untuk Modernisasi Kapal Induk Kuznetsov, Akan Dilengkapi Rudal Kalibr dan Zircon

Kapal Induk Kuznetsova tiba di Suriah. Foto: RIA Novotsi

Kapal Induk Laksamana Kuznetsov milik Rusia akan mulai dimodernisasi bulan September 2017 nanti di sebuah galangan kapal dekat Murmansk (1.862 kilometer di utara Moskow), demikian pernyataa  seorang narasumber di industri pertahanan kepada kantor berita TASS, Sabtu (22/4). Biaya perbaikan dan modernisasi kapal itu ditaksir akan mencapai hampir 40 miliar rubel (sekitar 9,4 triliun rupiah).

“Pada September mendatang, Zvezdochka akan menandatangani kontrak dengan armada (AL Rusia) untuk perbaikan tahap kedua dan modernisasi Laksamana Kuznetsov,” kata sang narasumber.

“Biayanya telah disepakati — hampir 40 miliar rubel. Pengerjaan proyek ini akan dimulai pada bulan itu di galangan kapal ke-35 di Roslyakovo dekat Murmansk.” Perbaikan dan modernisasi kapal direncanakan selesai pada kuartal keempat tahun 2020, katanya menambahkan.


Salah satu upgrade penting dari proses modernisasi ini adalah penambahan tempat peluncuran rudal yang akan menambah daya detren Kuznetsov di lautan. Menurut sang sumber, kapal ini nantinya akan dilengkapi dengan rudal Kalibr dan dua sistem rudal supersonik Onyx dan Zircon.

“Selama perbaikan dan modernisasi, kompleks Granit akan diganti dengan kompleks Kalibr-NK,” kata sang narasumber, seraya menambahkan bahwa sistem peluncuran vertikal kompleks Kalibr-NK-3S14 yang unik akan disatukan untuk meluncurkan rudal supersonik Onyx dan Zircon.


sumber: rbth, tass.com

Baca Juga:  Kapal Induk Liaoning China Siap Untuk Melakukan Operasi Militer

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan