Rusia Mulai Bangun Prototipe Pesawat Bomber PAK DA

Media Rusia TASS telah melaporkan bahwa negara tersebut telah memulai pembangunan prototipe pembom strategis generasi berikutnya PAK DA, yang diharapkan akan selesai pada akhir tahun 2021.

Program pembom sedang dilakukan secara paralel dengan proyek Tu-160M, bomber jarak jauh antarbenua yang mampu mengerahkan berbagai rudal jelajah jarak jauh dan melampaui kecepatan Mach 2.

Tiga prototipe PAK DA diharapkan siap untuk pengujian pada April 2023, dengan bomber dijadwalkan untuk masuk ke produksi serial pada akhir dekade ini. Pesawat akan mengintegrasikan mesin, sensor, kemampuan stealth dan persenjataan generasi berikutnya.

PAK DA diperkirakan akan mengerahkan rudal penjelajah siluman Kh-102 berujung nuklir, dan sejumlah desain hipersonik baru termasuk turunan dari Kh-47M2.

Pada awal Februari, kementerian pertahanan Rusia mengumumkan pihaknya menandatangani kontrak dengan pengembang PAK DA untuk memulai produksi untuk kemungkinan pengiriman pada tahun 2027.

“Kementerian Pertahanan Federasi Rusia telah menandatangani semua kontrak yang diperlukan untuk memulai produksi pembom jarak jauh PAK DA. Uji penerbangan pesawat dijadwalkan pada 2027,” kata Alexey Krivoruchk, Deputi Menteri Pertahanan Rusia, sebagaimana oleh media Zvezda yang dikelola Kementerian Pertahanan Rusia.

“Karakteristik pesawat telah disepakati, semua dokumen kontrak yang diperlukan untuk produksi prototipe telah ditandatangani, tahap desain persiapan sedang berlangsung,” kata Krivoruchko.

Seminggu kemudian, Krivorochko mengatakan prototipe mesin pesawat pembom tersebut akan dikirim untuk pengujian awal pada akhir 2020.

Baca Juga:  Foto Fuselage Depan Prototipe Pesawat KF-X

Pesawat PAK DA akan memiliki jangkauan operasional 12.000 km dan kecepatan subsonik. Pesawat akan memiliki kemampuan untuk tetap mengudara hingga 30 jam sambil membawa 30 ton persenjataan nuklir.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan