Rusia Mulai Pasok Senapan Kalashnikov AK-103 Untuk Arab Saudi

Rusia mulai senapa Kalashnikov 103 untuk Kerajaan Arab Saudi. Ini juga sekaligus menandai permulaan hubungan militer kedua negara.

“Kami telah menandatangani (kesepakatan) dan sekarang menerapkan kontrak untuk memasok senapan serbu Kalashnikov. Tahap selanjutnya adalah peluncuran produksi senapan serbu tersebut untuk kebutuhan negara ketiga serta Kerajaan Arab Saudi”, kata Direktur Jenderal Rosoboronexport Alexander Mikheev, pada hari Minggu (17/02), sebagaimana dikutip oleh Sputnik.

AK-103 adalah senapan serbu yang merupakan pembaruan dari senapan serbu AK-47, yang menggunakan peluru yang sama, yaitu 7.62 x 39 mm. AK-103 menggabungkan peningkatan yang dilakukan pada AK-74M dan AK-101, misalnya pemakaian polimer untuk menggantikan besi atau kayu untuk mengurangi berat.

Arab Saudi meneken kontrak pembelian pada tahun 2017 dan melibatkan Transfer of Knowledge ke Arab Saudi.


Direktur Jenderal Rosoboronexport menegaskan bahwa kedua negara akan segera menyepakati proyek atas produksi bersama senapan AK-103 di negara tersebut.


“Kami akan mengajukan proposal ini kepada pemerintah (Arab Saudi) untuk mengimplementasikan proyek ini. Saya pikir masih ada tiga hingga empat bulan sampai prosedur seluruh proyek disetujui,” tambahnya.

Sumber : defenseworld.net/TSM Angga Saja

Baca Juga:  Rusia Kerahkan Pesawat Sukhoi Su-57 Ke Suriah, Siap Melawan F-22 Raptor?

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan