Rusia Pasok Sistem Elektronik Kapal Induk India

Seperti diberitakan Mil (12/2), galangan kapal Sevmash dari Rusia memperoleh kontrak dari AL India untuk membuat perbaikan dan perawatan sistem radar dan elektronika untuk kapal induk AL India INS Vikramaditya. Kapal penjelajah-induk dari kelas Project 11430 ini dulunya adalah kapal induk Admiral Gorshkov.

Galangan kapal Sevmash sendiri bekerjasama dengan Gromov Flight Research Institute untuk membantu membuat sejumlah komponen tersebut, yaitu pada sistem pengukuran trayektori KBTI-M untuk membantu pesawat tempur yang akan mendarat di dek INS Vikramaditya. Gromov akan menyelesaikan sistem KBTI-M pada Desember 2018.

Sistem KBTI-M sesungguhnya bukanlah sistem baru, karena sudah diproduksi pada akhir 1980an dan sampai 1990an. Fungsi utamanya adalah mengukur parameter navigasi dan menentukan koordinat dan kecepatan bagi jet tempur yang dalam fase akhir pendaratan dan juga memberikan koreksi pada sistem pesawat apabila dibutuhkan.


INS Vikramaditya sendiri dibuat oleh galangan kapal Sevmash dan diserahkan ke AL India pada November 2013. Kapal induk ini bisa membawa 24 unit jet tempur MiG-29K/KUB, dan 8 helikopter Ka-31. Kapal ini memiliki panjang 285 meter, lebar 60 meter, dan bobot mencapai 45.400 ton. (Aryo Nugroho/UC News)

Baca Juga:  Australia Tarik Pesawat Tempurnya dari Irak dan Suriah

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan