Rusia Pilih Thailand Untuk Buka Bengkel Perawatan Helikopter, Indonesia Ngaploo?

Harapan agar Rusia membuka bengkel Helikopter di Indonesia akhirnya punah. Padahal sebelumnya Indonesia adalah yang paling terdepan untuk menjadi negara kedua di ASEAN yang dipercaya untuk ngurusin servis resmi helikopter buatan negerinya Putin itu.

Helikopter buatan Rusia cukup populer di Indonesia. Enggak hanyak dipakai oleh Pupenerbad TNI seperti seri Mi-17v5 dan Mi-35p, Namun juga banyak perusahaan kayu dan migas serta perusahaan pemadam kebakaran di Papua dan Kalimantan yang menggunakan heli seperti Mi-8, Mi-17, dan Ka-27 dalam operasinya.

Selama ini, untuk servis overhaul, harus dikirim ke luar negeri. Contoh helikopter Mi-35P yang harus diprotoli diangkut pakai pesawat untuk dikirim ke Vietnam buat menjalani servis perawatan rutin.

Banyaknya pengguna helikopter Rusia di itulah yang menyebabkan Indonesia menjadi yang terdepan buat dapat lisensi untuk membuka bengkel resmi setelah Vietnam.

Ehh apa daya, ternyata malah Thailand yang dapat lisensinya.

Kontraknya telah ditandatangani kantara perusahaan Datagate Co. Ltd. Dengan Russian Helicopters yang membuat helikopter Mil dalam Singapore Airshow 2018.


Kerjasama yang ditandatangani Deputi Direktur urusan Purnajual Russian Helicopter Chechikov dan Direktur Datagate Ny. Issary Benjarattanaporn itu mencakup pendirian pusat perawatan helikopter buatan Rusia di Kerajaan Thailand yang komprehensif sampai urusan perbaikan dan penggantian komponen.

“Memorandum ini mencakup agenda dasar untuk mengembangkan kerjasama dengan partner kami dari Thailand. Kami setuju untuk memeriksa seluruh prosepek dan kesempatan yang ada serta membuat rencana bersama di masa mendatang,” ujar Direktur Utama Russian Helicopters Andre Boginsky.

Baca Juga:  Swedia Terima Pesanan Thailand Untuk Technical Support Grippen

Semoga aja ini bukan karena maju mundurnya kontrak pembelian Sukhoi Su-35

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Rusia Pilih Thailand Untuk Buka Bengkel Perawatan Helikopter, Indonesia Ngaploo? | Indonesian Companies News

Tinggalkan Balasan