Rusia Siap Gunakan Jet T-50 “Si Robot Terbang” Mulai 2018

Pesawat tempur T-50 (PAK-FA) akan diterima Angkatan Bersenjata Rusia mulai 2018. Pesawat jet tempur generasi ke-5 yang dijuluki “si robot terbang” ini diproyeksikan Rusia untuk menjadi lawan dari F-35 dan F-22 milik Amerika Serikat (AS).

Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yuri Borisov pada hari Kamis (02/02/2017) mengonfirmasi bahwa mulai tahun depan pasukan Rusia mulai aktif menggunakan pesawat jet tempur T-50. Pesawat jet tempur serbaguna ini bisa menyerang di semua medan untuk melawan target baik di darat, laut maupun di udara.

”Kemungkinan besar, ini akan menjadi sudah program persenjataan negara berikutnya, yaitu 2018-2025,” katanya dalam menanggapi pertanyaan tentang rentang waktu yang mungkin untuk pengiriman jet tempur T-50 untuk pasukan Rusia, seperti dikutip dari Itar-Tass, Jumat (3/2/2017).

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan pesawat jet tempur T-50 perlu menyelesaikan uji coba terlebih dahulu sebelum resmi melayani militer Rusia. “Kami tidak terburu-buru,” ujar Borisov.


Menurutnya, selama semua analog memenuhi persyaratan angkatan bersenjata, sehingga tidak perlu menghabiskan uang untuk pembelian perangkat keras militer baru yang mahal.


”Kami memegang evaluasi operasional dan telah membeli batch terbatas. Kami akan melihat bagaimana mereka akan beroperasi dalam praktik. Kami sekarang mengungkapkan semua kelemahan dan membuat perubahan untuk memastikan bahwa kami membeli sampel yang terbukti untuk (digunakan) pada waktu yang akan datang,” lanjut Borisov.

Baca Juga:  3 Negara di Dunia Yang Sulit Ditaklukkan

Sumber : sindonews.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan