Rusia Siap Kirim Su-35 Tapi Nunggu Kepastian Indonesia, Jadi Beli Atau Batal?

Polemik pembelian 11 pesawat tempur Sukhoi Su-35 oleh Indonesia terus berlanjut. Walaupun katanya sudah ada teken kontrak G to G, antar pemerintah, namun dalam prosesnya masih tanda tanya, jadi beli apa enggak?

Dari pihak Rusia sendiri malah mengaku siap mengirim 11 unit pesawat jet tempur Su-35 yang dipesan Indonesia, namun kapan akan dikirimnya sinpesawat masih tanda tanya?

Direktur Jenderal Rosoboronexport Rusia, Alexander Mikheev, mengatakan tak ada yang menghalangi Moskow untuk mulai memenuhi kontraknya dengan Jakarta.

Berdasarkan kontrak yang ditandatangani pada tahun 2018, Rusia harus mengirimkan 11 unit pesawat jet tempur Su-35 ke Indonesia. Kontrak pembelian jet tempur itu senilai USD1,1 miliar.

“Tidak ada yang menghalangi ini. Perjanjian antarpemerintah telah ditandatangani, semua kondisi untuk kesepakatan telah didokumentasikan, dan kami sedang menunggu kontrak untuk mulai berlaku setelah pihak Indonesia membuat keputusan,” kata Mikheev kepada wartawan di sebuah pameran di Dubai, Senin (18/11/2019) seperti dikutip Sputniknews.

Pada Agustus lalu, Moskow mengungkap adanya ancaman Amerika Serikat (AS) terhadap Angkatan Udara Indonesia jika nekat membeli pesawat jet tempur Su-35. Ancaman berupa sanksi itulah yang membuat militer Indonesia berhati-hati untuk mengakuisisi pesawat tempur Rusia.

Bahkan kabar terbaru, Indonesia malah akan membeli 32 Pesawat F-16 Viper dari Amerika Serikat, piye mas bro?

Sumber: Sindonews.com

Baca Juga:  Rusia Kucurkan Dana 9,4 Triliun Untuk Modernisasi Kapal Induk Kuznetsov, Akan Dilengkapi Rudal Kalibr dan Zircon

5 Komentar

  1. Udah fix dibeli kok min. Mulai dari skuadron yang akan ditempati sudh disiap kan. F-16V gak ada hubungannya. Itu beda program yng tujuannya buat ganti Hawk dan skadron baru.

Tinggalkan Balasan