Rusia Sukses Uji Rudal Anti Satelit, Amerika Panik

Rusia baru saja sukses melakukan uji coba penembakan rudal anti-satelit. Kemampuan rudal dianggap oleh Angkatan Antariksa AS sebagai ancaman terhadap aset satelit mata-mata Amerika Serikat yang mengorbit di luar angkasa.

Rusia melakukan uji coba sistem rudal anti-satelit (DA-ASAT) pada Rabu 15 April 2020. Rudalini, yang dirancang untuk menghancurkan satelit mengorbit di langit Bumi.

Rudal COSMOS 2542 dan COSMOS 2543 ini telah lama diamati AS, kata Angkatan Udara AS dalam sebuah pernyataan.

Pada bulan Februari, Angkatan Udara AS melihat satelit-satelit Rusia ini mengikuti sebuah satelit mata-mata AS, perilaku yang oleh komandan Angkatan Antariksa Jenderal John “Jay” Raymond dianggap pada waktu itu sebagai “tidak biasa dan mengganggu.”

Angkatan Antariksa AS juga memiliki kekhawatiran serius tentang uji coba rudal DA-ASAT baru-baru ini. “Tes DA-ASAT Rusia memberikan contoh lain bahwa ancaman terhadap AS dan sistem ruang sekutu nyata, serius dan berkembang,” kata Raymond dalam pernyataan Kamis.

“Amerika Serikat siap dan berkomitmen untuk mencegah agresi dan membela negara, sekutu kami, dan kepentingan AS dari tindakan bermusuhan di luar angkasa.”

“Tes ini adalah bukti lebih lanjut dari advokasi munafik Rusia atas proposal pengendalian senjata luar angkasa yang dirancang untuk membatasi kemampuan Amerika Serikat sementara jelas tidak berniat menghentikan program senjata counterspace mereka,” tambah Raymond.

Baca Juga:  Amerika Ingin Pesawat F-35 Lightning II Mampu Bawa Senjata Nuklir