Rusia Tempatkan Permanen Rudal Balistik Nuklir Iskander-M di Kaliningrad

Presiden Lithuania, Dalia Grybauskaite, mengatakan bahwa Rusia telah menempakan rudal Iskander-M secara permanen di Kaliningrad, kawasan yang diapit oleh Lithuania dan Polandia. Dalia menyebutkan bahwa Iskander-M tidak hanya mengancam negaranya, tapi juga setengah Eropa.

Vladimir Shamanov, ketua komite pertahanan Duma, mengatakan bahwa rudal jelajah Iskander-M telah dikirim ke Kaliningrad. Pengiriman itu adalah jawaban atas penggelaran aset militer di wilayah-wilayah tetangga. Penempatan rudal Iskander-M dilakukan saat Lithuania merayakan setahun pasukan NATO di wilayahnya.

NATO telah menempatkan 4.500 tentaranya beserta mesin perangya di Polandia, Lithuania, Latvia, dan Estonia, yang merupakan tetangga Kaliningrad. Moskow menyebut bahwa penumpukan pasukan NATO pimpinan Amerika Serikat di empat negara itu merupakan ancaman terhadap keamanan nasionalnya.

Lithuania dan anggota NATO lainnya patut khawatir dengan tindakan Rusia menempatkan rudal Iskander-M di Kaliningrad, karena rudal itu mampu mencapai target sejauh 500 km lebih dengan CEP (Circular Error Probable) hanya 2 m, terlebih Iskander-M dirancang dapat menghadapi sistem pertahanan udara negara-negara NATO.


Untuk menghadapi sistem pertahanan udara lawan, rudal Iskander-M melaju dengan kecepatan 7 Mach (8.644 km/jam), melakukan manuver, dan melepas decoy untuk mengecoh rudal pertahanan udara lawan. Rudal Iskander-M juga dapat mengubah arah pada saat memburu target yang bergerak, dan dapat ditembakkan dalam cuaca kabut dan gelap.


Rudal Iskander-M dapat membawa hulu ledak nuklir atau konvesional. Rudal ini juga dilengkapi dengan pemandu internal dan optik. Iskander-M dapat dikontrol oleh radio dienkripsi transmisi, seperti dari AWACS atau UAV. On-board komputer rudal menerima gambar target, kemudian mengunci target, dan menghancurkannya dengan kecepatan supersonik. (TSM/Mahanizar Djohan)

Baca Juga:  Filipina Incar Helikopter Serang T-129 Buatan Turki

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan